Follow Us @farahzu

Monday, March 18, 2019

People Change; Sabar Aja...

everybody has changed

Ada anak, udah dibilangin berkali-kali, masiiiihh aja mengulang kenakalan yang sama. Ada juga bapak-bapak, udah dikasih tau kalau merokok itu ga baik, merusak, membunuhmu, blablabla, masiiiih aja merokok. Ada juga ibu-ibu, udah dibilangin kalau ghibah itu dosa, masiiiiihh aja suka gosip. Hhhh.... (ini contoh aja ya gaes)

Banyak orang berharap orang lain berubah (dalam konteks ini berubah menjadi lebih baik). Dari mulai presiden, artis, sampai tetangga, terlebih lagi orang-orang dekat seperti pasangan, teman, orang tua, anak, atasan, atau saudara. Banyak sekali yang kita ingin ubah dari mereka.

Wajar saja sih mengharapkan seseorang berubah. Namanya juga masing-masing punya karakter dan preferensi yang berbeda-beda. Dan kecenderungannya, kita ingin orang lain itu sejalan pemikirannya dengan kita, tingkah lakunya pun sesuai dengan yang kita inginkan.

Baca Juga: Ubah Diri Saya

Nah, yang jadi masalah adalah kalau kita tidak sabar melihat perubahan di diri orang lain, lalu menjadi kesal dan mengeluhkan orang itu. Mungkin juga sudah melakukan berbagai macam cara agar seseorang berubah, sambil melupakan bahwa di diri kita pun sebenarnya punya banyak hal yang harus diubah.
Padahal, bukan kita yang bisa mengubah hati orang, melainkan Allah-lah yang mampu membolak-balikkan hati makhluk-Nya.
Jangan kesal kalau ada orang yang sudah dikasih tau berkali-kali tapi tak kunjung berubah. Sudah beragam cara dan figur yang menyampaikan, tetap saja belum mau berubah. Jangan sedih sist. Biasa aja, mungkin belum waktunya dia berubah. Kalau kita sadar kita ga bisa ngendaliin hati orang, kita ga akan kesal dan malah jadi marah-marah. Doakan dia lebih sering, dan yakin aja kalau orang akan berubah pada saatnya. Juga, kalau kita sadar ada ganjaran kebaikan yang besar kalau kita bisa mengajak orang lain jadi lebih baik, kita akan tetap semangat mengusahakan yang terbaik buat dia ;)

Jadi, kalau kamu ingin seseorang berubah, sertakan dia dalam doamu, ikhlaskan keadaannya sekarang dan ikhlaskan bagaimana nanti Allah membuatnya menjadi lebih baik, dan sabarlah. Nanti Allah yang bukakan jalannya, dengan cara-Nya sendiri, yang kita ga pernah tau bagaimana hebatnya skenario itu. Saya sering banget mengalami ini. Tapi maafkan saya kesulitan untuk membahasakannya di artikel ini, hehe..

Satu lagi, jangan pernah putus asa lalu men-judge seseorang bahwa dia tidak akan bisa berubah, meskipun sudah puluhan tahun dia begitu. People change. Percaya deh. Ubahlah diri sendiri menjadi lebih baik dalam segala aspeknya, sambil mintalah pada Sang Pemilik Hati. Saaabar.
Iya, semua orang pasti akan berubah. Cepat atau lambat, dengan atau tanpa campur tangan kita. Sebagaimana diri kita pun berubah, baik kita sadari atau tidak.

2 comments:

  1. Aaaaaa.. Ini kaya nyambunggg gtu sm yg lg dipikirin.. Sukaaa.. Makasie Farah #pelukerat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah sama-sama ninaaa 😊😘

      Delete