Follow Us @farahzu

Thursday, June 22, 2023

Ibu Introvert

 Dulu pernah denger atau baca cerita ibu-ibu yang kemanapun dikintilin sama anaknya. Bahkan di rumah yang hanya pindah ruangan. Dari kamar, ke dapur, ruang makan, teras, bahkan toilet. Dulu ketika baca itu agak insecure sih, haduh gimana ya gw kan paling ga suka dikintilin. Eh yah sama anak sendiri mah beda kali, pikirku. Ya oqelah.


Alhamdulillah akhirnya merasakan juga jadi ibu yang dikintilin kemana-mana persis kayak cerita di atas. Meskipun itu terjadi beberapa waktu lalu saat anakku masih nempeeeeel banget dan belum banyak membangun kemandirian. Kalau sekarang (2 tahunan) udah enak banget sih Alhamdulillah. Tapi tetap lho, yang namanya 24/7 bersama anak, it’s matter for introvert person like me dan (sebenarnya) sangat suka sendirian ini.


Pernah ada masanya gw jenuuuuuuhh banget. Kalau mau bilang bosan lebih tepat sih, tapi kok kedengerannya tega banget. Sampai bertanya-tanya sendiri, “Boleh gak sih merasa bosan bersama dengan anak sendiri?” Ketika mengungkapkan pertanyaan itu pada suami, Alhamdulillah dia paham dan menjawab, “Ya udah kamu ambil waktu sendirian lah, Fatih biar sama aku.” Alhamdulillah. Setelah jeda beberapa waktu, meski hanya setengah sampai 1 jam, aku sudah kangen lagi pada si bocil dan rasanya siap untuk bisa dikintilin lagi. 


Kedua, saya tuh gak suka ngomong; yah, meskipun orang-orang yang kenal saya pada zaman dahulu pasti akan menyangkal. What?? Farah si cerewet bisa jadi pendiam? Gak mungkin. Hahaha, tapi beneran, makin tua saya makin gak suka ngomong. Saya juga gak suka sama orang banyak omong. Saya suka keheningan, dan berbicara hanya ketika diperlukan.


Tapi itu semua harus berubah ketika saya jadi ibu. Anak saya perlu ibu yang cerewet, banyak omong, demi perkembangan bahasanya. Alamak. Saya akhirnya menyadari bahwa banyak bicara itu ternyata ada perlunya. Kadang malah sangat diperlukan >.< Duh mana lagi si ibu-ibu kayak gue yang buat cerewet aja perlu effort? *nyari temen. Kebanyakan ibu-ibu yang saya kenal justru perlu effort untuk mengerem kecerewetannya.


Setiap perempuan yang Allah beri amanah jadi ibu pasti melalui tantangan-tantangannya sih, kalau tidak mau menyebut hambatan, hehe... termasuk punya kepribadian kelewat introvert kayak gue. Tapi Allah sudah berikan juga modal dan sumber daya untuk para ibu melewatinya dengan sebaik-baiknya. Jangan lupa apapun tantangan yang sedang kau hadapi, Buibuk, bersandarlah hanya pada Allah ya! Jangan pernah lupa lidahmu (doa) adalah ujung tombak anakmu, maka berhati-hatilah melepas apapun yang keluar dari mulutmu itu. 


Sekian curhatan Umma kali ini... Babaaaay! Assalamualaikum...


2 comments:

  1. Ponakan 2,5 yo, kalo lagi posesif gue ke kamar mandi aja ditungguin. Lagi solat ditungguin duduk di depannya. Wow, begini ya rasanya dicintai dengan sangat. Hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. maasyaa Allah yaa 'dicintai dengan sangat' hihihi alhamdulillaah

      Delete