Follow Us @farahzu

Monday, February 11, 2019

Review: The Ordinary Glycolic Acid 7% Toning Solution

Review The Ordinary


Assalamualaikum!
Beberapa waktu yang lalu saya sudah menulis tentang review Pixi Glow Tonic ya. Sesungguhnya, artikel itu ditulis ketika Pixi saya sudah habis dan sedang mencoba-coba produk eksfoliator lainnya untuk perbandingan (ehem, cari yang lebih murah sih). Itulah sulitnya kalau coba-coba produk yang (agak) mahal. Kalau ga cocok sedih, tapi kalau cocok, sedih juga bingung gimana repurchase-nya kalau habis, hahaha.

Akhirnya sampailah pencarian saya pada produk yang akan dibahas di artikel ini: The Ordinary Glycolic Acid 7% Toning Solution. Berkaca dari pengalaman saya yang cocok dengan glycolic acid (salah satu jenis AHA) pada Pixi Glow Tonic, saya baca-baca beberapa artikel terkait produk ini dan akhirnya mencoba beli yang share in bottle-nya di marketplace untuk mengetahui kecocokannya di kulit saya. Uwow harganya setengahnya Pixi, saya excited sekaliihh... Setelah dicoba 1 minggu lebih dan produknya hampir habis, alhamdulillah cocok di kulit saya. Akhirnya saya beli full size-nya. Harganya 190-200ribuan untuk isi 240ml: banyak sekali.

The Ordinary ini adalah merek skincare yang unik dan kekinian banget menurut saya. Dalam hal dia langsung menyediakan kandungan bahan aktif tanpa banyak embel-embel, dan menjadikan bahan aktif tersebut nama dari produknya. Glycolic Acid 7% Toning Solution ini contohnya, ya berarti isinya glycolic acid. Kalau varian yang Niacinamide 10% and Zinc 1%, ya niacinamide dan zinc itulah isinya. Bikin kita tertarik belajar apa saja kandungan bahan aktif yang cocok dengan kulit kita masing-masing kan? Kalau saya sih suka. Ga tau kalau kamu, hehe.. Diproduksi di Kanada. Jadi ini bukan produk Korea ya, catet!

Produk ini jenisnya adalah exfoliant atau lebih tepatnya exfoliating toner. Dengan bahan aktif acid, Glycolic Acid ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati secara chemical, bukan dengan cara menggosok seperti menggunakan scrub (eksfoliasi secara fisik). Chemical exfoliator ini lebih aman digunakan untuk pemilik kulit berjerawat, karena minim gesekan. 
Nah berhubung produk ini bisa mengangkat sel kulit mati, secara otomatis ada beberapa manfaat yang mengikutinya, yaitu sebagai berikut:
  • mengeksfoliasi (mengelupas lapisan kulit luar) sehingga kulit nampak lebih cerah, dan memicu pergantian sel-sel kulit (peremajaan kulit)
  • memudarkan flek/noda bekas jerawat
  • jerawat jadi lebih cepat kering
  • memperbaiki tekstur kulit
  • mengurangi milia dan komedo.
Di bawah ini ada keterangan dari website theordinary.com mengenai produk Glycolic Acid 7% Toning Solution. Menerangkan bahwa produk ini vegan (tidak mengandung bahan-bahan dari hewan), non-alkohol, dan sebagainya. Di ingredients-nya nanti juga saya cantumkan, teman-teman bisa lihat bahwa produk ini juga bebas paraben.
the ordinary vegetarian
Namun The Ordinary juga menjelaskan bahwa glycolic acid tidak diperuntukkan bagi kulit yang sensitif, terkelupas, ataupun yang sedang bermasalah.  
the ordinary kulit sensitif

Baiklah, kita mulai review-nya yaaa!
Komposisi
review the ordinary bahasa

Kandungan utama produk ini adalah glycolic acid 7% dengan pH ~ 3,6. Kita bandingkan yuk dengan Pixi Glow Tonic yang mengandung 5% glycolic acid (konsentrasi lebih rendah) dengan pH 4,1 (pH lebih tinggi). Nah, fyi AHA itu pH dependent ya, artinya AHA bisa bekerja optimal tergantung dengan kadar pH dan konsentrasi tertentu (sumber). Semakin rendah pH dan semakin tinggi konsentrasi AHA, maka maka semakin efektiflah dia. Dengan kata lain, secara formula sih TO Glycolic Acid ini lebih efektif dalam mengeksfoliasi kulit daripada Pixi Glow Tonic. Kenyataan yang membahagiakan ya?! Sumber lain: klik di sini

Note: Lebih efektif, artinya juga lebih irritating. Kalau pixi bisa dipakai pagi dan malam, TO GA ini hanya malam saja. Udah diwanti-wanti tuh ama produsennya. Dan jangan lupa, harus pakai sunscreen ya! Karena penggunaan chemical exfoliator dalam hal ini AHA, membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Nah, meskipun di atas saya menyebutkan lebih berpotensi menyebabkan iritasi, tenang aja, kandungan glycolic acid (AHA) 7% masih aman untuk digunakan setiap hari kok. Apalagi selain acid ini, TO GA juga menggunakan bahan-bahan yang membantu menetralkan efek iritasi AHA-nya, seperti aloe vera dan beberapa jenis flower water di 5 kandungan yang disebutkan pertama (artinya komposisinya paling banyak) serta glutamic acid, jadi in sya Allah tetap ramah di kulit karena banyak peredam iritasinya.

Kemasan

The Ordinary Glycolic Acid 7% Toning Solution

Kemasan The Ordinary Glycolic Acid 7% Toning Solution ini berupa botol plastik bening yang cukup tebal dan ukuran yang besar, dengan tutup ulir dari kaleng. Memberikan kesan bahwa produk aman di dalamnya. Begitu tutup kalengnya dibuka, langsung ke mulut botol yang lebar kayak siap untuk diminum wkwkwk. Tapi jangan khawatir, ada tambahan penutup lain dari plastik yang runcing ujungnya dan bisa diputar (maaf saya ga paham ini model apa namanya). Saya suka sih dengan tutup tambahan model begini. Jadi bisa kita atur mau mengeluarkan produknya sebanyak apa dengan memutar tutup botolnya itu.
The Ordinary Glycolic Acid 7% Toning Solution

Botolnya yang besar ini bikin saya lega karena isinya banyak hihihi... 240ml. Sangat tidak travel-friendly tapinya. Jadi kalau mau dibawa travelling, harus dituang dulu ke botol yang agak kecil supaya ga makan tempat. 

Kemasan produknya memuat penjelasan-penjelasan yang cukup, baik di box-nya maupun di stiker yang menempel pada botol. Ini produk kesannya serius amat sih, hanya warna putih dan tulisan huruf hitam, tidak ada gambar atau hiasan sama sekali. Tapi saya suka. Kesannya kayak saya pakai produk yang kredibel banget. 

Tekstur dan Aroma

TO Glycolic Acid ini bentuknya cairan encer seperti air, berwarna kekuningan agak peach gitu. Produk ini fragrance free, alias tidak menggunakan pewangi sama sekali. Jadi baunya khas banget, ada wangi agak manisnya sedikit, tapi lebih banyak bau agak ga enaknya. Tapi saya sih ga masalah, malah tambah yakin kalau produk ini efektif dan hanya memuat bahan-bahan yang diperlukan.
glycolic acid indonesia review

Cara/Petunjuk Pemakaian

The Ordinary (selanjutnya saya singkat TO) Glycolic Acid 7% Toning Solution ini termasuk dalam jenis exfoliant, tepatnya exfoliating toner. Jadi dipakainya setelah selesai membersihkan wajah, dan sebelum hydrating toner ya. 
review the ordinary glycolic acid bahasa

Dari keterangan di kemasannya, cara pemakaian adalah di malam hari, dengan menggunakan kapas (tipis aja ya biar hemat) kemudian diusap ke wajah yang sudah bersih. Kemudian tambahan dari saya adalah, diamkan selama 5-30 menit, sesempatnya kamu, setelah itu gunakan hydrating toner agar pH kulit kembali normal. Setelahnya boleh juga dilanjutkan dengan skincare routine masing-masing.

Oh iya, perlu diperhatikan juga nih face wash kalian sebelum menggunakan AHA ya Gaes, karena AHA dalam toner ini dipakai setelah menggunakan face wash. Face wash yang bikin muka kering, artinya pH-nya tinggi (basa), jadi kalau ditemplokin AHA setelahnya menjadi kurang efektif (ingat tadi AHA perlu pH asam). 

Pada awal-awal pemakaian, pengaplikasian produk ini sedikit lebih perih daripada pakai Pixi Glow Tonic, apalagi kalau terkena kulit yang luka karena jerawat. Sebaiknya jangan dikenain ke luka sih, tapi saya suka nakal sedikit sengaja dikenain, supaya cepat kering. Hehe.. apalagi waktu awal pemakaian, muka saya lagi jerawatan dan memang lagi darurat acid. Jadi sensasi perihnya lebih terasa. Sedikit aja sih, ga sampai bikin kamu pengen nangis kok hehehe.. 
Nah, buat kamu yang baru coba-coba pakai acid, sebaiknya jangan langsung dipakai setiap hari ya. Bisa diawali dengan 1x seminggu, kemudian minggu depannya 2x seminggu, dan selanjutnya bisa ditingkatkan kalau kulitmu sudah bisa beradaptasi. Kalau cocok dan efeknya bagus, lanjut deh bisa setiap hari. Tapi tetap lihat anjuran dari produknya ya. 

Kesimpulan

Saya baru menggunakan produk ini kira-kira 1 bulan, tanpa masa adaptasi karena kulit saya memang sudah terbiasa dengan acid. Jadi langsung dipakai setiap hari. Kalau di kulit saya, penggunaan acid untuk konsentrasi 5% ke atas sih sudah bisa langsung terlihat hasilnya hanya dari 1-2x pemakaian saja. Rasanya kayak baru melepas topeng! Haha, maksudnya kusamnya langsung hilang gitu. Tampilan kulit lebih cerah dan jerawat lebih adem (tenang), tidak terlalu meradang. 

Setelah 1 bulan pemakaian, kulit tetap cerah, bebas kusam, dan bekas-bekas jerawat saya cepat sekali memudarnya, alhamdulillah. Untuk komedo, seperti biasa tidak terlalu berasa sih karena saya jarang komedoan. Kalau pori-pori masih sama dan memang tidak ada klaim mengecilkan pori-pori dari produk ini 😁 tetap perlu dibantu dengan es batu, hehehe. Di kulit saya The Ordinary Glycolic Acid ini juga tidak menimbulkan breakout maupun purging, normal-normal aja alhamdulillah. 

Yang jelas saya happy sekali bisa menemukan produk ini setelah pencarian cukup panjang mencoba beberapa exfoliating toner sebelumnya yang kurang memberikan efek signifikan 😍 
Skincare itu emang cocok-cocokan, jadi memang perlu banyak baca atau tanya dan, coba. Hehehe. Alhamdulillah jaman sekarang mah mudah mau coba-coba produk; online shop terpercaya bertebaran, testimoni bejibun, para produsen banyak yang mengeluarkan sample size/trial yang bisa didapatkan dengan mudah, atau para seller yang menjual produk dalam share-in jar/bottle udah banyak banget. Pinter-pinter milih aja. Atau tanya orang yang kamu percaya dalam hal itu. Jadi kalau ga cocok, ga terlalu sedih yaaa.. 

Alhamdulillah selesai juga ya review yang sangat panjang ini. Mudah-mudahan bermanfaat. Terima kasih sudah membaca sampai habis, kamu sabar sekali 💖 👸

Baca Juga: Review Toner dan Pelembab Hatomugi Skin Conditioner 


23 comments:

  1. Kak kalo umur 19 gitu pakai ini udah boleh ya? Makasii

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku ga tau kalau ada larangannya sist, honmaap :)
      yang jelas ini konsentrasinya cukup rendah dan aman untuk dipakai harian. Tapi disarankan untuk ga langsung tiap hari sih pakainya, bisa seminggu sekali dulu, terus ditingkatin frekuensinya pelan-pelan sampai kulitnya sudah adaptasi baru bisa setiap hari.

      Delete
  2. Halo klo pakai face wash nya hadalabo gokujyun sblm pke ini , cocok ngga?
    Trus untuk yg pertama kali pakai exfo toner seminggu 1x? Trus dlm sehari pakai pagi & malam ya? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo :) in sya Allah cocok mba pakai Hada Labo face wash karena dia pH balanced.
      Yes kalau belum pernah pakai acid untuk eksfoliasi, pakainya 1x seminggu dulu, kalau cocok baru bisa ditingkatkan frekuensinya pelan-pelan, sampai nanti bisa tiap hari.
      Tapi TO glycolic acid ini maksimalnya dipakai 1x sehari ya mba, malam saja.

      Delete
  3. Ada rekomen cleansing bar/face wash yang bisa digunakan sblm pemakain GA ini kah? *untuk kulit wajah kering/kombinasi, thx inputnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. intinya sih sebaiknya pakai yang pH balanced, terlebih acid toner ini kerjanya tergantung pH kan.. facial wash yang pH seimbang biasanya tidak membuat kulit terasa kering ketika habis cuci muka. Yang saya pernah coba dan in sya Allah sesuai untuk kulit kering/kombinasi ada Cetaphil Gentle Skin Cleanser dan Hada Labo Gokujyun (yang kemasan putih). semoga membantu yaah :)

      Delete
  4. hai kak kalau pake pixi glow tonic abis itu pake viva sebagai hydrating tonernya baru lanjut pake serum to niacinamide boleh gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo! aku kurang tau toner viva apakah punya fungsi untuk balancing pH juga, karena yang dimaksud dengan penggunaan toner setelah acid adalah untuk menyeimbangkan kembali pH kulit.

      kalau untuk niacinamide, sebaiknya TiDAK dipakai bersamaan dengan produk mengandung acid/AHA seperti Pixi Glow Tonic atau TO Glycolic Acid ini, karena bisa bikin kulit iritasi. Jadi kalau malam kamu pakai AHA, berarti Niacinamide-nya dipakai untuk pagi saja ya.
      terima kasih :)

      Delete
  5. Ka kalau pake facewash acnes creamy wash boleh ga stelah itu pake TO glycolic acidnya?atau ada saran ga fw utk kulit brjrwt

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu dipastikan dulu sih pH-nya si acnes ini apakah balanced/asam/basa. Kalau dia bikin kering (basa) berarti sebaiknya perlu dinetralin dulu dg toner yang pH balanced. Untuk face wash kulit berjerawat, kalau aku sih cocok dengan cetaphil gentle skin cleanser. itu juga menyeimbangkan pH kulit jadi bisa langsung pakai TO Glycolyc ini setelahnya. makasih :)

      Delete
  6. mba kalo habis pake glycolic acid ini trus skincare routine selanjutnya pake serum apa ya? thx in advance

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya pakai hydrating toner dulu mba, supaya pH kulitnya seimbang lagi setelah dikasih acid dari TO GA ini. setelahnya baru silahkan kalau mau pakai serum. Utk serum, tergantung kebutuhan kulitnya ya, misal jerawat, hidrasi, anti aging, brightening, dsb. terima kasih kembali :)

      Delete
  7. Beli dimana ya ka? Takut kebeli barang palsu

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku biasanya beli di shopee, coba cari yg Star Seller deh. terakhir kmrn beli dari seller yang dari Korea, ongkirnya cuma 12ribu hehehe

      Delete
  8. Hallo ka, kalo hydrating toner yg bagus buat dipake setelah pake TO GA ini apa ya?
    Trus kalo setelah pake hydrating toner disambung pake serum TO yg Buffet bisa ngga ya?

    Terimakasih

    ReplyDelete
  9. Hallo ka, kalo hydrating toner yg bagus buat dipake setelah pake TO GA ini apa ya?
    Trus kalo setelah pake hydrating toner disambung pake serum TO yg Buffet bisa ngga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. toner apa aja mba yang penting untuk balancing pH, dan sebaiknya tidak mengandung bahan-bahan pencerah seperti vit.C, niacinamide, arbutin, dsb.

      kalo untuk TO Buffet, aku belum mendalami sih, baru sekilas tau aja. kayaknya dia mengandung beberapa acid juga ya? Kalau sudah pakai TO GA ini sebaiknya hindari menggunakan produk yang mengandung acid kecuali hyaluronic acid yang bisa melembabkan kulit. cmiiw ya

      terima kasih kembali :)

      Delete
  10. Hi mba kalo kulitnya nipis bisa pake atau gak yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tipis maksudnya kah? kalau tipis sepertinya perlu lebih hati-hati pakai ini. Kalau mau pakai chemical exfoliant coba pakai yang konsentrasinya rendah, yang % AHA-nya kecil

      Delete
  11. Klo face wash nya garnier light complete brightening bisa gak ka? Setelah nya baru pake toner ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku belum pernah coba face wash ini. coba dicek aja, kalau setelah cuci muka kulit terasa kering, artinya pH kulit jadi basa, sedangkan AHA (GA) ini perlu kondisi asam agar efektif. Kalau begitu, perlu dinormalkan dulu pHnya atau dibuat sedikit asam, bisa dengan hydrating toner yg menyeimbangkan pH. cmiiw ya

      Delete
  12. Kak aku beli toner ini di shopee store korea.Tpi agak mencurigakan karena
    1. Pas ampe bagian bawah kardusnya kaya abis di buka
    2. Dusnya rusak parah padahal pas pengiriman bubble wrapnya tebel
    3. Tutup Botolnya dri plastik beda seperti punya kaka yg kaleng
    4. Tutup botol pas aku buka kaya ga kesegel(seperti sudah pernah dibuka)
    Solusinya bagaimana ya kak?mau pake tpi tkut barang ga ori jdi bikin breakout semuka,tpi kalau ga dipake juga mubazir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh pelik.. star seller ga dia? Coba message aja.
      Terus Coba googling deh setauku TO GA ini ada 2 versi, kanada sama korea. Aku ga hafal apa aja bedanya.

      Aku pernah beli yg versi korea tutup botolnya emang plastik, ga kaleng kayak yg kanada. Dua2nya asli

      Delete