Follow Us @farahzu

Tuesday, September 10, 2019

Review: Make Over Powerstay Demi-Matte Cover Cushion

Assalamualaikum!
Beberapa waktu yang lalu saya sudah post tentang cushion ini di IG Story, mudah-mudahan ada yang nungguin reviewnya ya. Hehehe… ini dia saya sajikan untuk Anda (blah)…


demi-matte cover cushion


Make Over Cushion ini sudah launching sejak bulan Mei 2019 yang lalu. Iya, maap ya telat dikit. Telat kepengen, telat nyoba, telat review juga hehehe...

Sebelumnya mungkin ada yang bertanya-tanya, kenapa produk sejenis ini dinamakan cushion (bantal). Jadi, benda ini dinamakan cushion foundation, yaitu foundation dalam bentuk cushion. Disebut cushion karena di dalamnya ada bantalan sebagai penahan agar cairan foundationnya bisa diakses sesuai dengan kebutuhan dan tidak bleberan. Pada umumnya, cushion adalah campuran antara skincare dan makeup, jadi mungkin di dalamnya selain ada foundation, ada serum/pelembab/sunscreen atau sejenisnya, tergantung kandungan produknya. Kalau namanya BB Cushion, berarti isinya BB cream ditambah skincare.


demi-matte cushion

Produk ini masih satu rangkaian dengan produk series Make Over Powerstay lainnya, seperti liquid foundation yang sudah keluar lama sebelumnya. Kabar baiknya, shade cushion ini sama persis dengan shade powerstay foundationnya! Di foundationnya saya cocok di shade N30 (undertone saya neutral). Ketika coba cushion ini di nomor shade yang sama, alhamdulillah sama persis.


make over cushion

make over cushion

Make Over ini kece banget deh menyediakan jumlah shade yang cukup banyak dan sangat mengakomodir skin tone kulit Indonesia sebagaimana yang sudah saya sebut di atas. Jadi nilai plus banget buat produk lokal satu ini. Terlebih dia gak takut mengeluarkan banyak shade seperti brand lokal lain yang sebelumnya cuma berani mengeluarkan 3 jenis warna aja, itu pun kebanyakan failed terutama untuk kulit sawo matang, berdasarkan review para beauty influencer. 

Memilih warna shadenya bisa disesuaikan dengan undertone masing-masing ya, apakah warm/yellow (pilih yang depannya W), cool/pink (pilih yang depannya C), atau neutral (pilih yang depannya N).
  
Sumber: https://journal.sociolla.com/editors-review/review-make-over-powerstay-demi-matte-cover-cushion 

Kemasan

Make Over Powerstay Demi-Matte Cover Cushion ini datang dengan kemasan khas Make Over, dengan warna hitam dominan dan sangat simpel hanya dengan tulisan brandnya. Produk ini dilengkapi dengan dus hitam yang memuat informasi produk. Kemasannya sendiri seperti cushion pada umumnya, terbuat dari plastik, dilengkapi dengan cermin, puff, cushion, dan isi produknya sendiri. Yang menarik, puff-nya cushion ini waterproof alias tidak menyerap produk lho, jadi bisa lebih hemat dengan tidak ada produk yang terserap di puffnya. Sebelumnya saya memang lebih senang mengaplikasikan foundation dengan cushion puff daripada sponge beauty blender, jadi makin senang deh dapat puff yang waterproof gini.



Kemasan foundation yang seperti ini tuh menyenangkan sekali buat saya karena dia praktis. Pengaplikasian sunscreen dan foundation bisa sekaligus hanya dengan satu produk ini saja. Tapi kalau pakainya hanya sedikit, tetap disarankan untuk menggunakan sunscreen terpisah ya demi perlindungan yang cukup. Selain itu juga mudah sekali karena sudah dilengkapi dengan aplikator puff dan cerminnya.

Ingredients



Selain foundation dan skincare yang saya kurang ingin mengetahui apa isinya, Make Over Powerstay Demi-Matte Cover Cushion ini mengandung sunscreen SPF50/PA++++. In sya Allah sangat cukup untuk perlindungan dari radiasi sinar UVA dan UVB yang berbahaya untuk kulit kita. Informasi ini tidak ada di kemasan box maupun produknya ya, saya taunya dari websitenya. Lengkapnya komposisi produk ini ada di foto di atas. Ohya, paraben-free lho…

Coverage

Coverage cushion ini sama dengan foundationnya, yaitu medium coverage. Kabarnya sih bisa di build lagi sampai high coverage dan menutupi segala noda dan ketidaksempurnaan warna kulit, dengan tetap terasa ringan dan tidak dempul. Tapi saya belum pernah memakai lebih dari 1 layer sih, jadi belum merasakan sensasinya apakah benar seperti itu atau beda.

Perbandingan dengan Make Over Powerstay Lightweight Foundation

Bila dibandingkan dengan foundation yang sama di seri ini yaitu Make Over Powerstay Weightless Foundation, tekstur cushion ini terasa lebih watery dan terasa basah daripada foundationnya yang cenderung lebih kental. Pemakaiannya di kulit sama-sama ringan. Hasil akhirnya yang sedikit berbeda. Kalau si foundation yang terasa adalah kulit wajah jadi matte dan nampaknya memang dia memiliki oil control yang cukup baik. Sedangkan hasil akhir si cushion ini agak dewy sedikit, ya wajar lah ya namanya aja demi-mate cover cushion hehehe.. Agak berkilau-kilau gitu, tapi gak becek kalau dipegang. Kalau saya sih karena punya oily skin, pastinya pakai bedak tabur lagi supaya tidak terlalu mengkilap. Mungkin kalau di kulit yang kering akan beneran demi-matte meski tanpa bedak tabur kali ya.
Oh ya, satu lagi yang penting, cushion ini tidak oxidized ya. Kan ada tuh produk yang awalnya cocok di kulit, tapi lama-lama menggelap dan membuat kulit nampak lebih kusam/gelap. Cushion ini tidak, dia aman 💓💝

Kesimpulan

Kesimpulannya saya sukaaaaa sama cushion ini. Praktis tentu saja, formulanya juga cocok dengan kulit oily saya, ga bikin komedoan, ringan dipakai, dan warnanya pun cocok dengan skintone orang Indonesia. 
Kalau dibandingkan dengan foundation powerstay yang sebelumnya sudah disebut-sebut, hhmmmm sama sukanya sih. Tapi plusnya lebih suka di cushion ini karena faktor kemasan dan kepraktisan. Hehe dasar anak kemasan. Mungkin kalau nanti isi cushionnya sudah habis, saya bakal refill dengan foundationnya wkwkwkwkwk. 

Oh ya FYI, harga cushion ini di counter resminya Make Over 215ribu, tapi waktu saya beli lagi diskon jadi 184ribu. Alhamdulillah. 

Nah itu dia review Make Over Powerstay Demi-Matte Cover Cushion dari saya. Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat ya :)

Baca Juga: Review: Wardah Exclusive Flawless Cover Cushion



2 comments:

  1. Kak kulit y kakak kuning Langsat atw sawo matang? Pengen tau kita aja sama warna y biar gampang nentuin pilih yg mana

    ReplyDelete