Follow Us @farahzu

Monday, January 28, 2019

Ngalah Aja Gaes



Suatu ketika saat kita salah jalan, kita disalahkan, 'kenapa ga nanya?'
Di saat yang lain ketika yang jemput kita salah jalan, kita pun disalahkan, 'lain kali kasih tau dong yang jelas, ancer-ancernya apa'. 
Intinya mah salah aja terus. Padahal kalau mau adil kan mudah saja pertanyaan yang sama dikembalikan, 'kenapa gak nanya?'
Tapi demi kenyamanan interaksi dan melihat sikon-sikon yang ada, pertanyaan itu tidak dikeluarkan. 

Pernah ngalamin kayak gitu?
Kalau mau gondok mah gondok aja gapapa. Asal jangan disimpen apalagi sampe lama dipendam ya. Why? 

Mungkin saja kita memang benar, tapi kalau tidak bisa mengkomunikasikan terutama karena situasi yang tidak memungkinkan (bukan karena kita ga beranian/asertif), menyimpan kekesalan akan berakibat buruk untuk diri kita sendiri. Rugi lho. Dia aja ga mikirin, ngapain kita capek sendiri mikirin? Bisa jadi penyakit juga lho. Selain penyakit hati, bisa juga penyakit fisik.

Jadi gimana dong? Kalau pertama respon hatinya masih gondok, segera kuasai dengan pikiran: maafkan. Nanti kalau sempat bisa dibicarakan, kalau belum sempat ya tunggu. Tapi maafin dulu. Gimana, jelas ga? Enggak ya? Hahaha maaf saya jg agak kesulitan nih menjelaskannya. 
Tapi sebenarnya, coba aja dulu: katakan pada diri sendiri, "maafin aja. Ga mau kan sakit sendiri?" Dah gitu aja. Coba ya. Hehe. 

Mudah-mudahan berhasil dan jadi lebih free ya hatinya, serta lebih sehat fisiknya juga. Aamiinn


#30haribercerita hari 27

Sumber gambarFree Vectors by <a target="_blank" href="https://www.vecteezy.com">Vecteezy.com</a>

No comments:

Post a Comment