Follow Us @farahzu

Wednesday, June 18, 2008

Kutemukan Formula Saat Kulitku Tersentuh

Cara terbaik mengusir dingin (dalam kisaran iklim tropis) dari tubuh adalah dengan menciptakan panas.
Maka jika anda menemukan tubuh anda menggigil dan mendefinisikan diri anda mengalami, kedinginan, maka bergeraklah! Ciptakan panas dari dan untuk tubuh anda sendiri. Jangan manja! J
Ketika anda berada di sebuah villa di puncak, Bandung, atau tempat-tempat dingin lainnya, atau hanya terbangun di pagi hari yang basah karena hujan dan anda merasa kedinginan, maka anda melakukan kesalahan besar bila anda menarik selimut menutupi kulit anda dari dinginnya udara, dengan tetap berdiam di atas kasur dan “menikmati” kedinginan yang mengigit itu.
Kemudian, lebih salah lagi bila anda tidak mandi berhari-hari dengan alasan, “Airnya dingin banget!”
Bangunlah. Bergerak. Ciptakan panas. Lalu mandi lah. Karena mandi di tempat dingin yang kita belum terbiasa adalah cara yang sangat efektif untuk BERADAPTASI dengan cuaca setempat. Air yang begitu dingin ketika menyentuh kulit anda, percaya atau tidak, akan melindungi kulit anda selanjutnya dari serangan rasa dingin yang masih akan dirasakan oleh orang lain yang menghindari mandi karena takut kedinginan.
Ketika anda  mengigil saat air yang dingin itu menyentuh kulit anda, jangan merutuki dinginnya air itu. Melainkan, bersyukurlah. Tahukah anda, bahwa mengigil saat kedinginan membantu anda agar tetap hidup?
Gemetar, adalah cara alami tubuh kita untuk tetap menghasilkan panas saat kita kedinginan. Agar kita tidak mati beku, tubuh melakukan defense mechanism terhadap dingin tersebut dengan tetap bergerak dan menghasilkan panas. Itulah yang kita sebut sebagai, menggigil.
Anda, manusia, khalifah Allah di muka bumi. Jangan mau kalah hanya dengan udara dingin.

15 Juni 2008
Terinspirasi dari KIAT 2008
(masih) terlalu indah untuk dilupakan
Lembang, 13-14 Juni 2008

No comments:

Post a Comment