Follow Us @farahzu

Sunday, May 28, 2017

Laparoskopi Mioma / Fibroid

Alhamdulillah, Kamis 18 Mei 2017 saya menjalani operasi laparoskopi untuk mengangkat miom di rahim. Operasi yang rencananya Cuma berlangsung 3 jam, molor jadi 8 jam. Ma sya Allah, kesian dokternya pegel.

Jadi ceritanya miom saya itu lokasinya bukan di dalam rahim, melainkan di dalam otot atas rahim agak kekiri, yang menekan saluran tuba falopi. Bentuknya tidak bertangkai, melainkan melekat cantik di otot tersebut sehingga ga bisa langsung dipotong, harus disayat kecil-kecil baru dikeluarin. Itulah yang bikin prosesnya lamaaaaa  banget. Jam 10-18. Jam 9 malam lewat saya baru keluar ruang operasi menuju kamar perawatan. Itu emak dan uwak gue udah pada mewek aja nungguin operasi ga kelar-kelar dari pagi. Alhamdulillah, wa syukurilah.

Sebenernya sih si miom udah lama ada di rahim saya, kira-kira 2-3 tahun belakangan ini. Kenapa saya ga mau operasi tadinya? Ada beberapa alasan: 1. Beberapa dokter ga tau pasti apa penyebabnya, which is saya juga ga tau apa yang perlu dihindari supaya si miom ga tumbuh lagi. Yes, doi bisa tumbuh lagi meskipun sudah operasi. Ngeri ya?

2. Setiap kontrol, ukurannya doi tetap ga nambah-nambah selama beberapa tahun itu. Barulah setelah saya minum primolut waktu umroh, habis itu pas pulang pendarahan ga berenti-berenti sampe 20 harian. Pas cek ke dokter lagi di mana jarak dari kontrol terakhir hanya 6 bulan, ukuran si miom udah naik dari 4 jadi 5cm. Itu mau ga mau ke dokter karena besoknya mau ke Kalimantan pedalaman yang jauuuuuuuuuhh banget dari bandara. Sebut saja Sangatta, 8 jam naik mobil dari Balikpapan.

3. Saya udah ga tahan sama sakit yang diderita setiap hari-hari haid saya setiap bulan. Sambil nyobain semua herbal yang semua orang bilangin. Herbal, bekam, rukyah mandiri, qadarullah, tetap harus operasi. Ternyata lokasinya emang di dalem otot, jadi wajar kalo ga bisa luruh. 

Nah, sepulang dari Sangatta, saya membulatkan tekad untuk maju operasi. Ke Dokter lagi, bilang mau laparoskopi aja dok. Trus ke bagian pendaftaran, untuk didaftarkan dan dikasih tau biaya dan prosedurnya. Si petugasnya ibu-ibu muda, ketawa ngeliat muka saya tegang banget. Yaiyalah mau operasi! Sedangkan di opname aja gua belom pernah. Alhamdulillah. Akhirnya malah sambil ngobrol dan ternyata dia pernah punya miom dan kanker juga. Malah dapat banyak info dari dia apa saja makanan yang harus dihindari supaya miomnya ga tumbuh lagi, atau kankernya ga nambah ukurannya.

Qadarullah, setelah dagdigdug menjelang jadwal operasi, saya haid. Jadi diundur. 2 minggu. Hahaha.. 2 minggu kemudian, terbaringlah saya di meja operasi RS Hermina Bekasi. Sebelumnya, saya rutin olahraga tiap hari. Biar badan fit dan pemulihannya cepat, jadi ga lama-lama di RS. Mahal kan.. biaya sendiri pula T__T

Tentang apa dan bagaimana laparoskopi itu, googling aja ya. Hehe maap. Dia adalah tindakan medis yang minim luka dengan pemulihan yang cepat. in sya Allah. Enak banget... Kekurangannya apa dong? Lebih mahal pastinya. Haha.. per tahun 2017 di Hermina bayar alatnya doang aja 11 juta. Belum termasuk kamar (sesuai kelas yang dipilih), obat-obatan, visit dokter, paramedis, entahlah.

Selain mahal, persiapannya juga agak lebih rempong kata dokternya. Puasa bubur polos selama 2 hari, pencahar supositoria (via dubur) baik yang beli di apotik maupun disemprot lagi sama suster 5 ampul sebelum operasi. Trus puasa ga makan apapun 6 jam sebelum operasi, dan ga minum apapun 3-4 jam sebelumnya. Lalu minum obat buat buka jalan lahir kalo lo belom pernah melahirkan kayak gue. Itu muleeeesss sampe gue minum ibuprofen lagi buat nyerinya. Hihihi... Ribet ga sih? Ga tau gue, belom pernah ngalamin operasi yang lain. Na’udzubillah, jangan sampe.

Masuk ruang operasi jam setengah 10 pagi, ini itu, kira-kira jam 10 baru masuk ruang operasi. Operasi selesai kira-kira jam 6 sore. Alhamdulillah, malem jam 9 lewat gue keluar ruang operasi, paginya kateter dilepas dan gue disuruh mandi sendiri. Ma sya Allah, rasanya kayak baru hidup lagi gue. Seger banget. Trus berhubung infus juga, gw jadi beser. Qadarullah, si tampon yang menahan darah akhirnya lepas sendiri, dan kata dokter gapapa ga usah pasang lagi. Hamdalah....ganggu banget soalnya di saat beser. 

Siangnya ibu dokter visit, katanya udah boleh pulang! Yeay! Disuruh banyak gerak aja.
So far so good, sampai beberapa hari kemudian, habislah Ostelox si obat pereda nyeri. Cenat cenuuutt rasanya. Sama mual terus. Kata bu dokter wajar karena laparoskopi kan dimasukin gas biar perutnya gembung dan alat bisa masuk.

Seminggu kemudian, gue dipasangain IUD (alat kontrasepsi spiral) supaya rahimnya ga lengket. Kira-kira selama 3 bulan ke depan. Sambil minum pil kb buat normalin hormon-hormon gue. Abis dikerok rahimnya mak. Selama penyembuhan, gue disuruh makan banyak protein (ini bikin kolesterol gue mau ga mau ikut naik kayaknya). Nanti kalo udah sembuh, STOP. Biar ga tumbuh lagi miomnya. Aaamiinn...


Well, apa lagi ya? Udah panjang kayaknya. Udahan aja lah. Mudah-mudahan doa gue dan semua orang yang mendoakan dikabulkan Allah, diberi kesembuhan segera, diberi momongan segera. Aaamiinn... 

Note:
Gue selama kontrol dan tindakan, sama dokter Rizki Isnaeni, SPOg di RS Hermina Bekasi. 


#My Thought

10 comments:

  1. Ya Allah.. Sehat, bahagia dan semangat terus kak...
    Amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaamiinnn.. jazakillah ukhtisolihaaat.. doa2 terbaik juga utkmu 😘

      Delete
  2. Boleh tau,. Abis berapa operasi laparoskopi?

    ReplyDelete
  3. di RS Hermina Bekasi tahun 2017 sekitar 35juta total sudah dengan biaya inap 2malam

    ReplyDelete
  4. brp banyak miomnya mbak?
    saya punya 8 miom.. rangenya 1cm - 5.45cm
    saya lagi nyiapin mental dll untuk operasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. subhanallaah mba, aku aja 1 miom sakitnya ampun-ampunan >.< semangat ya mba! Bebas miom itu rasanya bahagia banget deh.. semoga dimudahkan dan dilancarkan untuk sembuh ya mba. aaamiinn

      Delete
  5. Halo mba.. aku jg pny miom.. january cek ada 2. Sekitar 3,an & 1,an hampir 2cm. Di kasih visanne 3 bulan.. tp selama 3 bulan aku ttep mens (malah jd lama durasinya, dilanjut flek2 sampe mens berikutnya). Nah pas bulan ke 3 aku kontrol. Ukurannya tetap. Aku blg agak PR juga ya mens jd lama & lmyn banyak.
    Akhirnya aku d kasi primolut sama dokter.. dan memang berenti mens nya.
    Etapi sekitar 5 harian, tiba2 deres banget kek banjir bandang. Hari pertama, dr jam 7 malem sampe jam 2 pagi.. bisa ganti pembalut 5x ukuran 35cm. Shock bgt aku.. krn itu hari sabtu, senin-nya aku baru bs ke dokter.
    Akhirnya diganti jd calnex obatnya.. dan pas d cek, miom aku ada yg mengecil (dr 3,an jd 2,an.. dan ada yg membesar dr 1,an jd 2,an).
    Minum calnex mens nya berhenti sekitar 5harian..abis itu mens lagi. Dan hampir 1,5 bulan 😱 .. akhirnya aku ke dokter senin kmrn. Di usg, miomnya jd hampir 5cm & 3,an 😱😱 .. dan di suruh operasi secepatnya..
    Rabu aku cari dokter option 2. Blgny sama..
    Kamis aku coba hidup sehat. Minum teh matcha, makan rebus2an brokoli, kentang..
    Jumat sore aku ke dokter option 3.. dan katanya miomnya 3,an & 2,an .. cuman memang letaknya di dlm rahim.. jd itu yg bikin bleeding. Tp dokter tetep saranin better di angkat miomnya.. aku masih bingung operasi / ngga 😥

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya Allah mba, aku juga ngerasain waktu punya miom tuh akrab banget sama yang namanya bleeding. bahkan aku ga maenan pembalut lagi, udah pakenya popok dewasa waktu itu. Calnex memang obat untuk menghentikan pendarahan mba, tp ga ngaruh ke miomnya.

      saranku sih, kalau ada dana/asuransi, operasi aja mba. laparoskopi kalau belum pernah hamil&melahirkan. Kalau sudah pernah melahirkan, operasi apa aja bisa, mungkin ada yg bisa dicover bpjs juga.

      setelah miomnya hilang, baru jaga makanan dan jaga hati juga, jangan suka mendem kesel krn itu bisa ngaruh juga lho.

      semoga dimudahkan dan cepet sehat ya mba.. fyi ga punya miom itu merdeka banget rasanya mba. semoga dimudahkan yaaa!

      Delete