Follow Us @farahzu

Monday, December 29, 2008

Ritual Malam MInggu (Part 1)


          Seperti biasa, akhir pekan ini aku pulang. Hehe, setelah sekian lama (tak pernah di semester ini) tak pernah pulang sebelum Sabtu maghrib, kali ini aku sampai rumah pukul 13.30. Kini “pusat keramaian” mulai pindah ke kamarku. Semua berkumpul di sana. Ngobrol, tentang apapun, sampai tertidur…
Ritual malam minggu,,, saat-saat itu adalah saat-saat khusus yang tidak pernah rela aku gantikan dengan agenda apapun. Kuusahakan sangat,, karena tidak ada waktu lagi (halah) selain itu. “Pusat keramaian” kembali ke tempat semula—kamar orang tuaku. Lagi-lagi, mengobrol, memijat, “menginjak”, bercanda, tawa, curhat, atau saling meledek dan menggoda,,, sampai tertidur…

Ritual malam minggu,,, meski sedikit waktu untuk itu,,, hanya beberapa jam, bagiku berarti sangat besar dan penting. Bagaimana tidak, maghrib baru sampai rumah, makan, mandi, shalat,, sampai kupikir aku tak perlu istirahat lagi, ritual malam minggu, lalu esok paginya beraktivitas kembali di luar rumah (tak jarang hampir seharian). Istirahat, ba’da subuh esok harinya sudah harus standby kembali di depan Tol Barat, kembali ke dunia nyata—kampus.
Ritual malam minggu,,, ini salah satu strategi “efektif”-ku. Terbatasnya waktu bersama keluarga sedangkan tipikal keluargaku adalah yang menjunjung tinggi kebersamaan keluarga, awalnya aku merasa sangat kesulitan membagi waktu, diri, dan konsentrasi. Konflik pun tak jarang terjadi karena aku hanya dianggap “numpang tidur” di rumah. Tapi seiring berjalannya waktu, aku belajar.
Ternyata kuncinya adalah efektif, kawan. Saat berada di rumah, kutanggalkan semua beban amanahku di luar, tugas-tugas kuliah, bahkan awalnya amanah tubuh dan pikiranku sendiri untuk istirahat. Keluarga juga amanah (sekalian belajar untuk keluargaku sendiri nanti, hehehe). Tidak seperti yang kudengar dari curhatan ibu-ibu yang “senasib” dengan ibuku karena anaknya sangat sibuk di luar.

                                                                                                                    Bekasi, 20 Desember 2008

7 comments:

  1. ritual malam minggu ana kemarin...hmmm, jaga warnet tuh....
    btw, kok semakin banyak sih yang pake part, chapter, episode...sepertinya seneng aja sih bikin orang penasaran....he3

    ReplyDelete
  2. ka farzuuu...senangnya membaca kebersamaan keluargamu..

    jadimakinpahamkenapakafarzubisamenjadipribadiyanghangatsepertimentari..hehe

    Luv U ka Farzuuuu

    ReplyDelete
  3. cahaya03: soalnya kedua tulisan itu ditulis pada pekan yang berbeda kaa,,, coba perhatikan =}
    bingungpilihnama: aamiin,, semoga keluarga kita nanti lebih baik dari "keluarga ayah dan mamahku"

    ReplyDelete
  4. ah, jadi pingin segera punya anak...
    (nyambung gak ya sama postingannya?)

    ReplyDelete
  5. hihiyy,, nyambung kok k'jams.. iyaiya, didoakan.. kalau udah ada segera yaaa... (ka, jadi ga nanyain ttg anak-anakku?)

    ReplyDelete
  6. Aamiin..
    Mohon doanya ya.

    Anak-anakmu? Tampaknya mengenai hal itu, kita lupakan saja ya...

    ReplyDelete