Follow Us @farahzu

Friday, May 29, 2020

Review Exfoliating Toner Lokal: Wardah White Secret Exfoliating Lotion

Halo! Assalamualaikum Beauties!

Sudah hampir 1 bulan ini saya merasa bosaaan sekali dengan produk-produk skincare yang biasa saya pakai. Tepat saat mereka banyak yang hampir habis, perpaduan yang cucok dengan kebosanan kan, untuk ganti dan mencoba produk baru? ๐Ÿ˜Apalagi produk skincare yang bulky, guedde dan lamaaa habisnya, bikin worry kalau ga berhasil menghabiskannya. Malah takut jadi mubazir kan. Salah satunya adalah exfoliating toner favorit saya dari The Ordinary Glycolyc Acid. Mau repurchase, ya ampun 240ml, malah jadi ragu sendiri hihihi…

Akhirnya saya browsing dan kaget lah bahwa ternyata produk lokal ada yang punya exfoliating toner juga, sudah lama pula! Ke mana aja Faaar? Dia adalah Wardah White Secret Exfoliating Lotion. Uullalaaa… Sejak dengerin ceritanya Pak Jo Astra (VP IT PT. Paragon) saat jadi keynote speaker di salah satu workshopnya CIAS, saya baru menyadari bahwa isi pouch make up saya 80%-nya adalah produknya Paragon (Make Over, Wardah, dan Emina). Tapi untuk skincare-nya baru 1-2 produk saja. Sejak itu pula saya jadi lebih tertarik mengeksplor produk-produknya Paragon yang sudah menguasai 30% pasar kecantikan di Indonesia saat ini. Ketjeh kaan.. Nah, udah kepanjangan nih intronya, hihi.. Sekarang kita simak review jujur produk ini ya!

wardah exfoliating lotion
Wardah White Secret Exfoliating Lotion

Penjelasan Produk

Produk ini masuk dalam kategori chemical exfoliant, yang saya simpulkan sebagai exfoliating toner. Sebagaimana yang pernah saya bahas di sini, exfoliating toner ini fungsinya untuk mengikis atau mengangkat sel kulit mati dengan cara yang lembut (menggunakan acid), bukan dengan menggosok kulit seperti scrub (physical exfoliation). Dengan mengangkat sel kulit mati, kulit akan nampak lebih cerah dan bebas kusam.

exfoliating toner

Wardah Exfoliating Lotion ini mengandung AHA (Alpha Hydroxy Acid) namun dalam kadar yang tidak diinformasikan berapa persennya. AHA ini secara teori sih cocok untuk kulit kering maupun berminyak. Apalagi normal ya, hahah… Karena pH-nya asam, maka setelah menggunakannya harus diseimbangkan lagi pHnya. Pakai apa? Baca terus dengan seksama ya, hehehe… Nanti juga saya akan bandingkan dengan beberapa exfoliant yang pernah saya coba.

Kemasan

Dikarenakan produk ini termasuk dalam rangkaian White Secret-nya Wardah, jadi kemasannya juga didominasi warna putih dan abu sebagaimana produk lain dalam rangkaian yang sama. Botolnya tinggi dan ramping, dari plastik, dengan tutup ulir yang kokoh. Lubang untuk mengeluarkan cairannya menurut saya cukup, ga bakal kebanyakan ketika menuang produknya, in sya Allah.

Klaim, Komposisi, dan Cara Pakai

Di bagian belakang kemasannya, terdapat penjelasan serta klaim produk ini. Kandungan lengkapnya juga bisa dilihat di gambar di bawah ini ya. Selain itu ada keterangan produk dan cara penggunaannya juga, serta peringatan penting dalam penggunaan produk ini karena mengandung AHA. Tentu saja, ada label halalnya di sudut kanan bawah.  

AHA

Tekstur, Aroma, dan Cara Pakai

Produk ini mirip dengan golongan toner pada umumnya, yaitu encer seperti air. Warna cairannya agak butek sedikit dibanding The Ordinary maupun Pixi Glow Tonic. Tapi kalau dituang di tangan dan difoto gak terlalu kelihatan buteknya sih. Lalu, berbeda dengan The Ordinary yang hampir tidak ada aroma yang menonjol, Wardah Exfoliating Lotion ini memiliki aroma yang enaaaaak banget. Menenangkan gitu lho, aku ga tau sih itu wangi dari bahan apanya.


encheeerr

Cara pemakaiannya sama seperti exfoliant umumnya, dituang ke kapas lalu diusap ke wajah yang sudah dibersihkan, tidak perlu dibilas, eh, tak perlu digosok maksudnya. Kemudian didiamkan beberapa saat, kalau teori saya sih minimal 5 menit dan (benar ternyata), tidak perlu dibilas. Setelah itu, jangan lupa gunakan hydrating toner untuk mengembalikan keseimbangan pH kulit ya! Kudu! Jangan lupa. Karena pH tidak seimbang itu bisa menyebabkan banyak sekali masalah kulit seperti kering, terlalu berminyak, jerawatan, beruntusan, kzl, dan sebagainya.

Baca Juga: Night Skincare Routine

Penting: jangan menggunakan hydrating toner mengandung retinol dan turunannya setelah menggunakan produk ini, karena bisa terjadi over exfoliation (pengelupasan berlebih) yang berbahaya untuk kulit.

Bagi teman-teman yang sudah terbiasa dengan AHA, produk ini sangat bisa dipakai setiap malam setelah membersihkan wajah. Namun bagi yang belum, sebaiknya pakai dulu 1-2x seminggu ya, karena kulit juga perlu adaptasi. Kalau tidak menimbulkan gejala negatif, bisa ditingkatkan pelan-pelan intensitas pemakaiannya sampai nanti bisa dipakai setiap hari. Saat itu terjadi, percayalah, kulitmu in sya Allah akan sudah lebih cerah ehehehe…๐Ÿ’–

Kesan Saat dan Setelah Pemakaian

Saya pribadi menduga kandungan AHA dalam produk Wardah White Secret ini cukup mild, lebih kecil daripada The Ordinary Glycolic Acid (7%) dan Pixi Glow Tonic (5%). Tapi yang jelas lebih banyak dibanding CosRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner (yang hanya 0,5%) hehehe... Di wajah saya yang terbiasa dengan 7% AHA dari TO, Wardah Exfoliating Lotion ini masih bekerja cukup efektif untuk mengangkat sel kulit mati, meskipun tentu saja terasa lebih ringan. Dia masih membantu mencegah kulit dari kekusaman akibat penumpukan sel kulit mati. Jelas Ini kabar baik banget sih buat kamu yang baru mau coba pakai acid tapi pengen ada hasil yang cukup cepat dan signifikan.

Kalau saya pribadi merasa, 1-2 minggu sekali masih perlu eksfoliasi tambahan sih, mungkin dengan scrub atau The Ordinary lagi, hehehe. Tapi catat ya, itu untuk kulit saya yang sudah sangat terbiasa dengan acid. Tidak semua kulit. 

Kekurangan Produk

Untuk produk ini sendiri saya belum nemu kekurangannya sih. Paling kurang menonjol aja, saya sama sekali gak tau kalau produk lokal ada yang punya exfo toner, hihihi… nyalahin orang aja lu Far >.<

Harga

Harganya 60 ribuan untuk isi 150ml. Ini worth to buy banget sih apalagi kalau dibandingin dengan exfoliating toner lain yang merek luar. Karena diaaa baguuss, cukup efektif. 

Repurchase?

Iya kayaknya ๐Ÿ˜Š

Okeeee alhamdulillaah. Sekian dulu ya review exfoliating toner lokal dari Wardah White Secret ini. Semoga bermanfaat. Kalau ada yang perlu ditanyakan, bisa komen di bawah atau hubungi melalui sosial media yah. Eh japri kalau punya nomor saya juga boleh. My Pleasure!

Assalamualaikum!


No comments:

Post a Comment