Follow Us @farahzu

Monday, January 18, 2010

The Tipping Point

malcolm gladwell


Rating:★★★★
Category:Books
Genre: Nonfiction
Author:Malcolm Gladwell
Malcolm Gladwell, penulis buku ini, telah menulis 2 buah buku international bestseller lainnya; Blink dan Outliers. Gagasan-gagasan yang dikandung buku ini, ditambah dengan banyaknya referensi ilmiah yang diramu penulisnya hingga nyaman dipahami oleh orang awam, menjadi daya tariknya yang sangat memikat dalam menjelaskan berbagai fenomena sosial.

Tipping point adalah sebuah titik puncak terjadinya sebuah fenomena, atau saat terjadinya suatu epidemi. Sesuai dengan judul kecilnya, “Bagaimana hal-hal kecil berhasil membuat perubahan besar”, buku ini banyak bercerita mengenai fenomena epidemi yang seringkali mengejutkan dan tampak misterius. Bahwa pada suatu dekade tertentu, secara sangat tiba-tiba angka kejahatan di New York bertambah drastis, tanpa dapat diprediksi dan dijelaskan oleh para pakar ekonomi, kesehatan, pendidikan, sosiologi, dan disiplin ilmu lainnya. Dan bagaimana secara sangat tiba-tiba pula pada suatu titik setelah mengalami tipping, angka kriminalitas di kota itu menurun kembali, secara drastis pula. Belakangan diketahui hal ini sangat dipengaruhi oleh program pembersihan coret-coretan grafiti pada dinding kereta-kereta bawah tanah di kota itu. Penasaran, apa hubungaannya??

Masih ada lagi. Awal terjadinya revolusi Amerika, tingginya angka bunuh diri pada remaja-remaja di Mikronesia pada 1 dekade tertentu, bagaimana Sesame Street dan Blues Clues menjadi sangat sukses sebagai tayangan pendidikan untuk anak, atau mengapa kampanye anti-rokok yang telah ada selama ini tidak mengakibatkan penurunan jumlah perokok dan bagaimana menemukan strateginya yang tepat, dan epidemi-epidemi lainnya yang ternyata banyak hal-hal menakjubkan dibaliknya dibahas di dalam buku ini.

Setelah itu, saya jadi berpikir, buku ini sangat bagus untuk dibaca dan dimiliki oleh para tim kampanye. Apapun. Apalagi buat tim kampanye da’wah, a.k.a. da’i maksud saya.

Selesai juga,
14 Januari 2010

Baca Juga: Kepantasan

Sumber gambar: https://www.pinterest.de/pin/331718328784134104/

4 comments:

  1. Beuh, jadi da'i = tim kampanye (gratis), hhe..

    ReplyDelete
  2. 4 bintang untuk:
    yakin isinya bagus meski baru baca beberapa halaman..

    oiya kak, Om Gladwell udah nerbitin buku terbarunya, yg ke empat, judulnya kalo gak salah What The Dog apa gitu..

    ReplyDelete
  3. yoi! What the dog saw membuat petualangan eksperimen research makin mengasyikkan!! Gaya mas gladwell bertutur selalu mengingatkan saya pada mas adih respatih!! Haha

    ReplyDelete
  4. belum baca yang ini oy
    lagi baca the outliers
    seneng banget caranya si Galdwell menuturkan kata2nya n enak dibaca, even bahasa inggriss!!

    ReplyDelete