Follow Us @farahzu

Sunday, March 6, 2011

Tentang orang hebat (pikiran muter-muter)

Orang hebat, tetap selalu butuh orang lain yang tidak hebat. Maka itu orang hebat tidak boleh sombong. Ah, tapi menurutku, orang yang menyombongkan kehebatannya itu tidak hebat. Karena dengan sombong ia berhenti menambah kehebatannya, telah merasa paling hebat.
Tidak hebat di mataku orang yang membanggakan kehebatan orang tuanya. Seperti kata Ali ra, bukan pemuda yang mengatakan, ‘ini ayahku’, melainkan ia yang berkata, ‘inilah aku’. Orang hebat membangun kehebatannya. Bukan meminta orang lain untuk menjadikannya hebat. Mungkin ia butuh dukungan dan bantuan orang lain, tapi itu hanya sesekali dan bukan yang utama.
Tidak hebat juga bagiku orang yang memandang rendah orang lain yang tidak hebat. Karena itu artinya dia tidak pandai mengelola pikiran dan hatinya, selain ia juga tidak pandai melihat potensi orang lain dan juga tidak pandai melihat peluang-peluang bagi dirinya. Meskipun ia dikenal orang lain hebat karena jabatannya yang tinggi atau hartanya yang melimpah. Tidak.
Tapi orang hebat mampu mendayagunakan segala yang ada disekelilingnya untuk kebermanfaatan, tanpa mengeksploitasi. Adalah yang mampu mensinergikan kelebihan dan kekurangan orang-orang di sekelilingnya untuk kebaikan, yang hebat maupun yang tidak hebat.

*maaf ya geje, ini kebanyakan curhatnya. Tapi anyway, mau berterima kasih pada seorang hebat yang pernah jadi partnerku, menaikkan self-efficacy-ku bahwa walaupun tidak hebat, aku bisa jadi orang tidak hebat yang hebat. ^_^

4 comments: