Follow Us @farahzu

Friday, May 25, 2012

apa artinya "SEMANGAT!!"

Sebagian kita tampak terbiasa mengucapkan kata 'semangat' disertai dengan beberapa tanda seru atau intonasi suara dan ekspresi wajah yang ceria. Kadang sambil mengepalkan tinju di depan dada atau sambil menggenggam tangan kawan untuk seolah-olah menyalurkan tambahan energi.
Kita-kita yang demikian itu biasanya akan benar-benar bangkit atau setidaknya jadi punya keyakinan yang lebih positif dalam memandang hidup atau masalah. Bahwa harapan itu masih ada *eh*. Semangat!!
Tapi saya pernah dibuat gubrak juga oleh seorang kawan tentang semangat-menyemangati ini. Begini ceritanya.
Suatu hari, saya mengetahui kawan saya ini sedang sangat lelah dengan pekerjaannya dan sangat kekurangan waktu istirahatnya. Secara naluriah saya ingin mendukungnya dan berharap sedikit bisa membuatnya lebih baik, lebih semangat. Saya mengatakan, "Semangatt!!"
Jawabnya sambil sayu begini,
"Lagi ga butuh semangat, butuhnya tidur"
*@/#+#-&!!@$@^&^#@%&%^**/@*@-%+@*#/&#:?'!-!??+??!!!*
Saya jadi berpikir (dan berusaha mengabaikan perasaan tertolak). Tidak ada yang 'salah' sebenarnya dengan jawaban kawan saya itu. Tentu saja yang dia butuhkan hanya tidur. Istirahat. Bukan semangat untuk bekerja lagi dan lagi. Dia memang lelah.
Tapi niat dan perilaku kita memberinya semangat pun baik. Hanya saja,  tampaknya kita perlu menelisik lebih dalam ke hati kita.
Adakah kata-kata semangat yang kita berikan pada kawan kita itu tulus untuknya? Atau meluncur begitu saja karena sudah terlalu terbiasa?
Udah si, mau ngomong itu doang. Hehe..

13 comments:

  1. seenggaknya semangat punya energi positif meski muatannya tergantung kebutuhan :P

    ReplyDelete
  2. yaaaa dan besar harapan orang yang dituju juga menangkap energi positif yang sama. seperti akuaisemangka. semangat kawan! :D

    ReplyDelete
  3. memang harus liat2 suasana saat mau bicara semangat :)
    kalo aku cenderung mengeluarkan energi itu untuk show the spirit... tapi kalau mau nyemangatin orang ketika melihat orang tersebut "down" or stress, aku lebih ati2 lagi karna ga semua orang suka diberi "semangat" waktu down, karna perlu waktu juga untuk transisi...

    ReplyDelete
  4. wah, dah lama ga berkunjung di MP
    dan yang mengantarkannya adalah farah
    tertarik baca timeline FB ada "iklan" tulisan ini

    semangat ya, lanjutkan budaya menulis!

    ReplyDelete
  5. Itu masalah interpretasi semangat... istirahat juga salah satu cara untuk memelihara semangat... mesin sekalipun butuh waktu untuk istirahat sebelum dipekerjakan lagi... sejenak merawat diri untuk kembali melangkah lebih jauh... bahkan robot sekalipun akan mengalami "kelelahan", apa lagi manusia...

    ReplyDelete
  6. ayo ka donny..isi lagi MPnyaa... semangaaatt!!

    ReplyDelete
  7. jadi kesimpulannya.. seperti kata dyas.. tidur juga harus dibarengi dngan semangat ya ka adil.. smangat tiduurr :)

    ReplyDelete
  8. yak, mari tidur dengan semangat... (bagaimana caranya ?)

    ReplyDelete