Follow Us @farahzu

Wednesday, January 16, 2013

cadar

Alhamdulillah hari ini berkesempatan untuk "berniat" ikut pengajian, bareng sodara-sodari di salafi. Kenapa cuma berniat, karena setelah sampai di TKP dan menunggu beberapa saat, qadarullah ustadnya berhalangan hadir.

Di Makassar sini nampaknya wanita bercadar dianggap biasa, tidak seperti di Jakarta yang walaupun orang tidak komentar melihatnya, tapi tetap saja mengikuti dengan matanya *ngeliatin lah bahasa ringkesnye..hhe.. Banyak sekali di sini yang bercadar, tentunya dengan jilbab hitam yang sangat lebar.

Jangan ketawa ya, jujur aja waktu diajak ikut pengajian itu, yang saya pikirkan adalah mau pake baju apa. Secara saya ga punya dan ga suka pakai jilbab hitam. Sebelumnya, maaf ya kalau ada yang tersinggung. Soalnya saya pernah sebel waktu diliatin kayak orang asing banget waktu dateng sama ibu saya ke pengajian mereka di Bekasi, agak dekat rumah. Kami memakai kostum 'biasa', tentu saja.

 Tapi di sini lain sama sekali.

Mereka ramaahh sekali, menyambut, mengajak bersalaman lebih dulu, kenalan, bahkan minta nomor hp duluan. Keknya saya bakal banyak dapat sms tausiyah ni..*geer. Aamiinn.. Alhamdulillaah. Ternyata yang membuat saya ilfeel waktu di Bekasi itu, hanya tindakan segelintir oknum yang Tidak Bisa digeneralisasikan pada golongan tertentu bernama salafi.

 Kerasa banget, bahwa bagaimanapun cara dakwah yang kita pilih, sejatinya aktivitas kita satu, dakwah. Pun sejatinya kita satu, muslim. Love it.

 Hhmm ngobrolin salafi, nyangkut deh ke cadar. Sebenarnya ya, sesungguhnya, saya ga keberatan dengan cadar, bahkan saya cenderung suka. Terlepas dari ada atau tidaknya dalil syar'i tentang cadar, saya sebenarnya pengen.. Kan enak toh, menghirup udara yang telah tersaring dari polusi, kulit tetap bersih, terlindung dari sinar uv yang bisa menyebabkan kanker kulit dan, tentu saja, gosong atau gelap. Trus juga ya, penghematan luar biasa lho, memangkas anggaran untuk sunblock dan bedak yang selama ini dipakai untuk melindungi kulit. Apalagi yang suka pakai make up jadi ga suka karena bercadar, hemat toh? :D

Tapi ga mau juga pakai hitam-hitam, yah, warna saya biasanya lah. Oiya fyi, tadi akhirnya saya pakai rok jins dengan kaos, cardigan dan jilbab ungu. Hehe, teuteuupp.

Makassar, 15 Januari 2013

6 comments:

  1. It's not that i dont like people wearing cadar, but honestly it's so difficult to speak with them as i always need them to repeat their sentences because the cadar is hindering her voice. But that's only one case tho, baru sekali pergi jalan-jalan sama yg bercadar :D

    ReplyDelete
  2. iyaaaa samaaaaa... suaranya jg pada pelan.. apalagi aku yah.. suaraku kan kecil..imut2..malu2 gitu.. hihi.. males deh..

    ReplyDelete
  3. emang ga bisa digeneralisasi ya far.. dari gerakan apapun. aku punya teman akhwat salafi, masih bergue-elo, dan berteman baik smp skr :)

    ReplyDelete
  4. ah iya hening.. itu inti dari hikmah yabg kudapat dan juga inti tulisan ini. terima kasih telah memperjelas yaaa.. ;)

    ReplyDelete
  5. faaaarrr.. apa kbr??? hahaha.. nikah ga ngundang2 T_T
    ngomongin cadar dan salafi, gue jg pnah beberapa kali ikut kajian mrk di singapura.. dan pake baju asik2 ajah jg.. berwarna, celana panjang bahan, jilbab nutup dada pastinya.. tp gak ada tuh yg ngeliatin ampe nyinyir gitu.. hahaha.. biasa aja.. malah gue lbh berasa di liatin nyinyir sama seniro di psiko wkt awal2 msk kuliah :p
    dan kajian mrk bagus, asik, dpt ilmu baru pastinya.. dan ustadnya pintar lg cerdas serta mencerdaskan.. halah.. hehe..

    -janoeroke-

    ReplyDelete
  6. haaaaaaayy januuurr!! iya nih, kayak bingung gitu kebanyakan ngurus printilan nikahan jadi banyak kelewat.. maap yaaa... alhamdulillah di sini baik-baik... si kecil gimana? mu punya dedek ya? ;)

    iya alhamdulillah janur, makanya ga boleh menggeneralisir yaaah...

    ReplyDelete