Follow Us @farahzu

Friday, July 24, 2009

Sang Penandai


Rating:★★★★
Category:Books
Genre: Other
Author:Tere Liye

Semua orang bertanya, “Apa itu penandai, Far?” ketika melihatku membaca novel ini. Tidak ada gunanya sebenarnya jawabanku, karena setiap aku mencoba menjelaskan, orang-orang akan semakin mengernyit, semakin tidak mengerti.

Sang penjaga dongeng.... jawabku.

Novel ini berkisah tentang perjalanan hidup seorang pemuda yatim piatu, tidak berpendidikan, tidak bisa baca-tulis, pengecut dan tidak pernah bisa mengambil keputusan. Kisah cintanya dalam beberapa bulan bersama seorang gadis –cinta pertamanya— menjadi awal perubahan perjalanan hidupnya. Kematian sang gadis menjadi sebab pemuda ini (Jim) didatangi oleh Sang Penandai, yang berusaha meyakinkannya bahwa pencinta sejati tidak akan menyerah hingga kematian itu sendiri yang menjemputnya. Berbekal kata-kata itu, ia memulai dongeng tentang dirinya sendiri.

Keikutsertaannya dalam armada 40 kapal menemukan Tanah Harapan (sepertinya yang dimaksud penulis adalah Indonesia) benar-benar mengubah hidupnya. Kelak ia mengakhiri hidupnya sebagai pemuda gagah berani yang kuat dan hebat. Setelah sepanjang sisa hidupnya ia tidak pernah bisa berdamai dengan masa lalunya, selalu menangis pilu bila mengingat gadis cinta sejatinya, pada akhirnya kepalanya tertebas pedang dengan tersenyum, mengucap nama gadis kecintaannya, Nayla.

Kesabaran. Penerimaan atas hidup dan masa lalunya. Serta bersyukurlah.

4 comments:

  1. Sepertinya menarik..

    Minjem dong.. :)

    ReplyDelete
  2. hehee, saya juga minjem kak. kalo yang rembulan tenggelam di wajahmu punya saya. mau?

    ReplyDelete
  3. Mau dong far..
    Msh di depok khan?

    ReplyDelete
  4. masih. yang mana? saya punyanya yang rembulan tenggelam (artinya pagi datang ya k?)

    ReplyDelete