Follow Us @farahzu

Tuesday, November 8, 2011

Lo Harus Tetap Pintar

Kebanyakan fresh graduate mengeluh, ‘Ish, ngapain gw kuliah capek-capek, mahal-mahal, kalo kerjanya cuma disuruh fotokopi, ngefax, ngetik, ga berkembang banget’, hehe..

Satu setengah tahun sebelum saya lulus saya sudah mendengarnya. Setelah saya lulus saya merasakannya. Setahun setelahnya saya masih mendengar curhatan yang sama dari adik kelas.

Ya. Udah deh, anak baru ga usah banyak nuntut dan sok pinter, mungkin itu yang ada dipikiran para senior di dunia kerja. Itu takdir, kalau anda memilih jadi buruh (bukan pengusaha), terimalah, bersabarlah.

Mungkin 8 sampai 12 bulan pertama kerja masih begitu *meskipun itu terasa lama sekali. Sayapun begitu. Meski belum ada setahun kerja. Hoho.. dan saya juga mengeluh. Alhamdulillah saya punya sahabat yang sangat baik dan telah lebih berpengalaman. Suatu malam ketika saya memulai keluhan di whatsapp, dia sedang membaca buku (ini saja sudah menyindir buat saya, memang lagi males baca). Dia bilang,

‘Seperti apapun kerjaan lo Far, lo harus tetep pinter’

Jgerjgeeerr!! Ini kalimat sakti banget buat titik tolak saya. Walaupun saya juga ga ngerasa pinter sih.

Walaupun pekerjaan yang dihadapi sangat teknis, misalnya, kita bisa membuat sebuah sistem yang mungkin bisa menjadikannya lebih efisien, atau membuat strategi agar pekerjaan yang begitu-begitu saja jadi dinamis dan bisa berkembang. Lalu ajukan ke atasan. Soal ide kita dipakai atau tidak, tak masalah. Paling tidak otak kita tetap tajam. Begitu kata sahabat saya.

Juga, membuktikan bahwa kita memang terlalu bisa kalau hanya untuk sekedar fotokopi *eh. Dan, kita akan siap kapanpun ketajaman nalar kita diperlukan. Jadi ga perlu pemanasan lagi. Apalagi sampai mengalami penurunan kualitas diri karena ilmunya lapuk ga nambah-nambah.

Menurut yang pernah saya pelajari di psikologi faal, jalinan syaraf di otak akan saling menyambung bila kita mempelajari satu hal baru, yang akan mempercepat jalannya informasi. Semakin banyak kita belajar, semakin banyak pula yang tersambung. Itulah mengapa orang yang banyak baca dan belajar akan lebih mampu memberi jalan keluar dari suatu masalah a.k.a lebih pintar.

Sebaliknya, ‘jalur-jalur’ yang telah terbentuk itu, kalau tidak terpakai, mereka akan membusuk (decay). Sama saja dengan hilangnya informasi yang pernah kita kumpulkan. Alias lupa. Kalau semakin banyak yang tidak terpakai, semakin banyak yang membusuk, ujung-ujungnya lebih mudah pikun.

Buat strategi. Pertahankan semangat membaca dan belajar! Cari waktu luang, atau paksa diri meluangkan waktu untuk itu. Karena seringkali yang menghambat kita untuk sukses adalah kemalasan kita sendiri. Ya, seringkali kita perlu memaksa diri.

Makasih banyak soob!! =)

14 comments:

  1. alhamdulillah, ga salah liat blog ni.. sangat menginspirasi..
    Nice note, ka.. b^^

    ReplyDelete
  2. alhamdulillah kerjaan saya bukan disuruh2 kayak gitu..:D

    ReplyDelete
  3. wah farah menginspirasi ku utk rajin baca lagi;) jzk sist

    ReplyDelete
  4. alhamdulillaah... semoga bermanfaat =)

    *mudah-mudahan pahala mengalir pada sobatku itu... aamiinn

    ReplyDelete
  5. hihi... nyindir diri saya sendiri juga

    ReplyDelete
  6. alhamdulillaah yaaa ^_^

    anw, nt kan belum graduate *eh. hehe... cepet lulus ya dek ^_^/

    ReplyDelete
  7. sami-sami ^_^ aku juga terinspirasi dari sobat aku... mudah-mudahan pahalanya berlipat-lipat buat doi..aamiin

    ReplyDelete
  8. pengalaman magang pernah disuruh begitua2n juga.. setelah itu kapok ga mau kerja lagi =D

    ReplyDelete
  9. Waaah mantaabh faar postingannya *ayooo semangaaat :)

    ReplyDelete
  10. boleh..kalo naruhnya jempol ga pake sewa deh. hhe.. makasih ka

    ReplyDelete
  11. haha... enak banget kalo ada pilihan itu :D
    tapi sabarlah.. ga selamanya begitu kok... kecuali kita yang memilih utk selamanya begitu ^_^v

    ReplyDelete
  12. semangat niitt!! gimana m*tland?? :D

    ReplyDelete