Follow Us @farahzu

Thursday, February 25, 2010

Sekolah Gratis Ala Orang Gila

Ada yang pernah ke Yayasan Bina Insan Mandiri (YABIM) di terminal Depok, Jawa Barat? Ya, yang di sebelah MasTer (Masjid Terminal). Saya beberapa kali ke sana, untuk keperluan skripsi mewawancarai pengajar di sana. Sejak wawancara elisitasi (sebut saja wawancara awalan untuk menggali permasalahan yang ada) saya dengan seorang pengajar laki-laki yang sudah menikah, saya serasa  mengalami jalasah ruhi, wisata ruhani. Ternyata beberapa bulan setelahnya ketika saya melakukan wawancara kembali yang lebih serius untuk penelitian, jalasah ruhi yang saya alami lebih jauh dan lebih mendalam daripada sebelumnya.

Iter:    Kakak, selain di sini, kerja di mana?”
Itee:   Saya, ga di mana-mana lagi, di sini aja.”
Iter:    (sempat mengernyit sedikit) Lalu, penghasilannya Kak?
Itee:   (tersenyum tertawa, malah bertanya pada temannya) Dari mana ya Kak, penghasilannya? Nah kita juga bingung kalo ditanya penghasilannya dari mana. Ada aja rezeki mah

Ketika saya menanyakan mengenai pendanaan yayasan tersebut (yang awalnya rumah singgah),
Itee:   jadi gini Mba, kami di sini punya Big Boss, namanya ArRazaq, Allah Yang Maha Memberi Rezeki. Abis kita minta sama pemerintah ribet banget birokrasinya, ya udah lah, kita mah minta sama Allah aja.
Iter:    contohnya Kak?
Itee:   misalnya nih, kita pengen punya komputer nih, buat anak-anak biar pada belajar komputer. Ya udah, ayo kita shalat, berdoa, bangun malem, minta ama Allah, terus kita puasa sunnah besoknya. Eh besoknya ada aja gitu yang dateng, bawain komputer 10 unit, untuk belajar anak-anak.
Iter:    ……………………………………
Itee:   makanya kita alhamdulillah bisa sampe kayak gini, karena kita mintanya sama Allah aja. Pengen punya lahan, ruang kelas, tinggal berdoa, ada aja jalannya, tuh sampe kita punya kontainer sampe 2 tingkat, itu juga dapet. Kalo beli sendiri kan bisa berapa belas juta itu.
Iter:    ….. wah, subhanallah… kalau untuk kehidupan keluarga Kakak gimana?
Itee:   yaaa, sama, minta aja ama Allah. Misalnya nih, besok udah tanggal 5, belom punya uang buat bayar kontrakan, ya udah tinggal shalat, ngadu aja, minta aja sama Allah, ‘Ya Allah, besok udah tanggal 5 nih, belom ada duit buat bayar kontrakan’… eh dipanggil, ‘Kak X, ada yang nyari tuh’, ’‘Siapa?’, ‘Ga tau, bapak-bapak’. Pas saya temuin, ‘Iya Pak, ada apa?’ ‘Ini, mau ngasih ini bantuan’. Maksudnya uang. Trus saya masuk sebentar, pas saya keluar lagi, udah ga ada tuh bapak. Yaaa, alhamdulillah, cukup itu buat bayar kontrakan besoknya. ……………. Kakak saya kan juga suka dateng ke rumah, minta beras sama istri saya, saya bilang, ‘Kamu kalo kayak gini ga usah minta-minta izin lagi sama saya, saya udah rido’. Kita tuh Mba, subhanallah, masak nasi tuh paling berasnya cuma segelas aqua, itu cukup buat 3 hari mah.
Iter:    ………………………………… Kakak tinggalnya di mana?
Itee:   Saya, di Sawangan. Naik sepeda tiap hari. Pernah saya gini ya, ‘ya Allah, bukannya saya ngeluh, cuman, capek juga ya bolak-balik naik sepeda tiap hari dari Sawangan ke terminal’. Eh pas nyampe sini, ada yang ngasih, ‘X, nih pake, buat kamu’, menyodorkan kunci motor, Supra-X. Tuh, yang saya pake
Iter:    ……………………………………
Itee:   yaaa, saya mah cuman, ‘ya Allah, saya udah ngajar di sini hanya untuk mencari rido-Mu’, udah gitu aja. Dan saya yakin Allah tidak akan menyia-nyiakan hamba-Nya.

Subhanallah, subhanallah…
Itu baru dari wawancara elisitasi. Ketika wawancara lebih lanjut, beliau bercerita tentang awal pendirian sekolah gratis itu.

Itee:   Awalnya ya dapet tentangan dari masyarakat, mereka bilang, ‘Mana mungkin hari gini ada yang mau diriin sekolah gratis, dari SD sampe SMA’. Yang lain bilang, ‘Hanya orang gila-lah yang mau mendirikan sekolah gratis dari SD sampe SMA’. Akhirnya saya apa, ya udah, ayo, kita praktekin orang gila bikin sekolah. Sekarang, pas kita udah jalan bagus kayak gini, baru, orang yang bilang gila itu sadar, dia malah mau gabung di sini, mau jadi pengurus di sini, ga kita terima. Kita bilang apa, ‘Jangan Pak, jangan gabung di sini, kita kan gila, Bapak kan waras. Jadi jangan gabung sama orang gila Pak’.

Dan sekarang, kalau teman-teman melihat betapa mapannya yayasan itu sekarang, mungkin akan berpikir seperti saya dulu, “Wah, ini mah udah pasti dapet bantuan tetap dari pemerintah”… Ternyata tidak, mereka mapan sekarang karena mereka tidka meminta pada manusia, mereka hanya meminta pada Yang Punya, Yang Maha Kaya, Ar-Razaq. Itu saja.
Meski membosankan,
pegal verbatim membawa banyak hikmah.
24 Februari 2010

17 comments:

  1. Yayasan yang didirikan atas dasar keikhlasan, berbeda banget dengan beberapa yayasan yang saya kenal, yang justru dibuat untuk mencari keuntungan..

    Ceritanya keren non. Beruntung banget bisa wawancara orang kayak gt..

    ReplyDelete
  2. ini yg waktu tu ka farah critain ya??

    ReplyDelete
  3. Subhanallah.. pengalamannya keren banget yaa..
    Kemarin ngga sekalian nanya, bagaimana tips menerapkan semua itu (sholat, puasa, doa) dengan baik dan istiqomah.

    ReplyDelete
  4. FYI: Yabim salah satu yayasan yang cukup mandiri dan subhanallah..perjalanan mereka diberi kemudahan...dan rumbel bem kerjasama dengan mereka bahkan ada beberapa anak titipan yabim di rumbel..

    ReplyDelete
  5. begitulah mereka berkisah. lapaaaaanngggg banget deh

    ReplyDelete
  6. begitulah mereka berkisah kak. lapaaaaaaannngggg banget

    ReplyDelete
  7. iya, yang waktu itu, dengan beberapa penambahan karena wawancaranya pun berlanjut

    ReplyDelete
  8. nggak... mereka kayaknya emang cuma berharap sama Allah aja.. usaha sih... tapi ga pernah minta ama manusia apalagi pemerintah

    ReplyDelete
  9. @_@
    subhanallah...
    *gak bisa berkata-kata selain ini...

    ReplyDelete