Follow Us @farahzu

Wednesday, April 21, 2010

Tulisan Saya Tempo Doeloe

Di Bulan-bulan Akhir Tahun 2001, saya menulis…

Farah Zubaidillah.
    Gue lahir di Jakarta, tanggal 4 Oktober 1987. Alhamdulillah dari lahir sampai sekarang gue beragama Islam, dan insya Allah nggak akan pindah keyakinan sampai kapanpun. Amin.
    Sekarang gue tinggal di Bekasi, tepatnya di Bekasi Selatan kelurahan Kayuringin Jaya, Jl. Tampomas 2 Blok XII no. 40, di komplek perumahan Rawatembaga Wika. Telfon di rumah gue bernomor (021) 8845306. Silahkan kalo mu nelfon…
    Dari kecil sampai sekarang, gue pengen banget bisa jadi dokter. Karena itu, gue mohon banget buat siapa aja yang baca tulisan ini, tolong do’akan agar gue bisa diterima jadi mahasiswa Kedokteran UI. Amiin…
    Gue seneng banget hal-hal yang berhubungan dengan musik, kayak nyanyi, main musik, ataupun yang paling sederhana, dengerin musik. Gue juga suka tantangan, kayak hiking di gunung yang masih asli. Sebagian dari jenis olahraga ada yang gue suka. Seperti lari, catur, bulu tangkis, apalagi karate. Bagi gue, karate itu asik. I love karate! Selain kesenengan gue di atas, gue sukaaa banget baca. Baca apa aja. Buku cerita, sejarah, musik, olahraga, atau pengetahuan lainnya. Selain buku, yang suka gue baca itu majalah, brosur-brosur, iklan, spanduk, dan sebagainya. Eh, kayak orang kurang kerjaan aja ya gue! Tapi biarin, gue suka kok! Nulis juga gue suka. Ya nulis buku harian, puisi, lagu, cerpen, apalagi nulis pe-er. Tau nggak kenapa gue suka nulis pe-er? Soalnya, ngerjain pe-er satu soal pun udah gue anggap belajar, karena udah ngingetin kita pada materi-materi pelajaran. Yah, minimal pelajaran yang beranak pe-er itu.

     Kelas 2 SMP waktu itu. Alamat yang tertera di atas itu ya alamat rumah saya yang lama, sekarang sudah pindah. Jadi kalau mau silaturrahim jangan datang ke sana ya… Nah, paragraf berikutnya nih yang saya agak kaget ketika membacanya lagi kemarin. Seingat saya, saya bercita-cita jadi dokter itu hanya waktu saya kecil. Tau kenapa? Karena hanya dokter-lah profesi yang saya tau saat itu yang bisa dijadikan jawaban kalau ditanya orang dewasa, ‘kalau besar mau jadi apa?’. Seingat saya lagi, sejak lulus SD saya sudah punya keinginan untuk jadi psikolog (waktu itu saya sudah tau berbagai pekerjaan dan profesi lho).
   
     Senang sekali dengan musik? Ya, dulu saya suka sekali dengan lagu-lagunya Padi, Sheila On 7, Dewa 19, Westlife, Backstreetboys, sedikit suka Sugar Ray dan Green Day juga, di samping lagu-lagunya Chrisye dan Rossa. Maklum, waktu SMP adalah masa-masa saya jadi ‘anak g4oL’, jadi, yah, begitulah. Oh iya, waktu itu saya juga sudah mulai kenal nasyid: Raihan.

   
     Tantangan? Sampai sekarang juga masih suka. Olahraga, hihi, senangnya kalau ingat masa-masa jadi atlet karate waktu itu. Lincah dan bugar setiap saat, sama sekali tidak pernah terucap kata ‘capai’ di dunia saya waktu itu. Anak muda sekali deh! Kalau baca, sampai sekarang juga masih suka, tapi kadarnya menurun, tidak semaniak dulu. Hiks, bagaimana ini? Uhmm,, mungkin karena dulu saya belum kenal internet. Jadi buku adalah hiburan yang sangat menarik untuk saya.

     Yang berikutnya, nah ini, menulis. Sampai sekarang saya sangat suka menulis. Menulis buku harian memang rutinitas saya dulu setiap malam sebelum tidur. Sekarang sih, tulisan buku harian itu telah berganti dengan tulisan-tulisan untuk dibaca orang lain. Berusaha lebih berisi lah. Tapi kalau nulis curhat, masih sih kadang-kadang, tapi tidak untuk di-publish. Hehe.. Kalau nulis puisi, oh, itu sudah lama sekali tidak saya lakukan. Yang saya ingat, waktu SD saya punya sebuah buku kumpulan puisi buatan saya dan beberapa buatan teman-teman. Kalau lagu, sepertinya yang saya suka adalah menulis (salinan) lirik lagu orang ke dalam buku harian saya waktu itu. Bukan menciptakan lagu. Oh tidak. Tapi saya ingat waktu sekitar kelas 2 SD, saya pernah membuat lagu saya sendiri, judulnya ‘Gulingku’. Hehehehe…

      Nulis cerpen? Oh tidak! Waktu SMP kelas 2 saya pernah menulis cerpen. Tapi setelah beberapa kali akhirnya saya menyerah bosan, karena semua cerpen yang saya tulis berakhir dengan kematian si tokoh utama. Hufh. Sejak itu saya tidak pernah lagi menulis cerpen. Hhe. Lalu membaca tulisan selanjutnya tentang pe-er, saya jadi menyimpulkan, ‘betapa perhitungannya saya kalau sudah menyangkut pelajaran’.


      Ahahahahahaaa… Fyi, tulisan ini aseli saya salin dari salah satu buku harian saya, tanpa perubahan sedikitpun, dari huruf, tanda baca, bahkan spasi. Mangga, yang mau ketawa ^_^


                                                                                                       Bekasi, 21 April 2010


19 comments:

  1. Ati-ati sama Farah...klo macem-macem bisa ditonjok...
    >,<

    ReplyDelete
  2. iya lo, ati-ati ama gue...
    hahahahaaa

    ReplyDelete
  3. hohoho... "gue" banget siy tulisannya jaman doeloe...
    lucu ya klo baca tulisan jaman masih abege..

    ReplyDelete
  4. hahaha... namanya juga anak g4oL ;D

    ReplyDelete
  5. wew...buku harian...masih jaman!!

    ReplyDelete
  6. Jaman laa...itu kan taun 2001..

    ReplyDelete
  7. Gak kebayang farah g40l.. :D

    Hm, jd pengen nyari tulisan2 sy waktu sd n smp. Masih ada gk ya..

    ReplyDelete
  8. 2 smp kita sekelas ya farah...

    tapi kita belum deket...

    ada satu hal yg suka kita bahas klo papasan apa ayooooo.... wkwkkwk..

    ReplyDelete
  9. Nurul SMP 1 juga??
    @_@


    *dodol banget gw yak....*

    ReplyDelete
  10. Iya kelik 1.12, 2.5 dan 3.7

    bukan kelas populer.. :D

    ReplyDelete
  11. Ha?aq lupa rul.eh,eh,aq tw.yg brg sifa kan rul. Pertanyaannya: "berapa?" haghaghag...lucu bener!

    ReplyDelete
  12. ka iman kebiasaan nih,, ga usah dibayangin kak.. hehehe...
    ntar di post juga ya kak *emangnya masih mungkin ditemukan kak? kan udah puluhan tahun yang lalu ;D

    ReplyDelete
  13. Jadi inget puisi yang 'cinta, bla..bla..' yg buat PSDM, itu bkin sndiri, atau menyadur? (apa itu bukan puisi ya,haha..)

    ReplyDelete
  14. Itu bikin sndiri..langsung dr lubuk hati trdalam =) tp sm sekali ga niat bikin puisi awalnya. Emang mnrt org2 itu puisi ya?

    ReplyDelete
  15. Nah ntu dia gw bingung, itu diniatin jadi puisi apa kgak,amal kan tergantung niatnya,ho..

    ReplyDelete
  16. Perkenalkan diri dan menulis kalimat seperti itu, seolah-olah buku harian untuk publik. Apa iya? Tidak 'secret' dong? hoho

    ReplyDelete