Follow Us @farahzu

Monday, July 16, 2018

Dompet Akordeon untuk Merencanakan Qurban dan Pengeluaran Besar Non-Bulanan Lainnya

Assalamualaikum semuanya! Sebulan lagi in sya Allah Idul Qurban datang, apakah sudah pada menyiapkan dana untuk qurban terbaiknya? Mudah-mudahan sudah ya.. Karena qurban itu termasuk salah satu amalan yang paling dicintai Allah. Jangan sampai punya duit buat beli gadget, traveling, beli skin care, tapi ga ada duit buat qurban. Atau senang hati bisa beli rokok tiap hari tapi ga bisa qurban. Duh sedih. Tapi in sya Allah di sini ga ada yang begitu kok :) 
  
rokok untuk qurban

Mudah-mudahan kita semua terhindar dari hal semacam itu ya, dan dimampukan Allah. Aamiin. Kalaupun memang belum mampu, minimal kita juga ga buang uang buat hal-hal duniawi kayak di atas dengan mengesampingkan ibadah yang utama. In sya Allah. Hidup di dunia cuma sebentar gaes, di akhirat yang jauh lebih lama.  

Nah, kali ini saya mau ngenalin sebuah benda yang udah banyak membantu saya dalam merencanakan keuangan, termasuk qurban, investasi, pajak kendaraan, dan jajan-jajan *eh. Ini hanya sebagian keciiiiil dari perencanaan keuangan, dan saya bukan ahlinya, jadi saya share yang sudah berhasil di saya aja ya.

dompet akordeon untuk qurban


dompet akordeon untuk qurban


Namanya dompet akordeon. Saya ga tau ini nama aslinya atau sebutan aja, karena bentuknya mirip akordeon, teman saya yang financial planner di kantor pertama dulu yang mengenalkan dan mengajari cara ini, alhamdulillah. Dompet akordeon ini murah, saya beli ga sampe 20ribu, tapi manfaatnya luar biasa. Mungkin teman-teman udah sering liat benda ini di tempat ATK di toko atau di kantor, biasanya buat dokumen-dokumen kecil kayak bon-bon orang keuangan hehe... masing-masing sekatnya bisa digunakan untuk slot kebutuhan yang berbeda, tinggal dikasih label aja dari kertas.

dompet akordeon untuk qurban


Dompet ini sangat membantu buat kita mencicil untuk keperluan yang datangnya ga tiap bulan. Misalnya kayak qurban tadi. Ya, kalau langsung ngeluarin 3 juta di satu bulan Dzulhijjah agak berat, coba dicicil, idealnya sih setahun. Setiap gajian, sebelum dipakai untuk kebutuhan sehari-hari, langsung sisihkan 250-300ribu. Udah, jangan diapa-apain, jangan diganggu gugat. Niatin buat qurban. Kalau niat kita kuat, in sya Allah nanti Allah yang mudahkan dan sampaikan.

Untuk keperluan lain, bisa juga begitu ya..  misal untuk pajak kendaraan yang setahun sekali. Tinggal dihitung aja jumlah pajaknya lalu dibagi 12 bulan, berarti sebulannya harus nyisihin sekian. Atau buat uang masuk sekolah anak, atau kebutuhan rekreasi, apapun bisa dicicil supaya lebih ringan.  

Tapi menggunakan dompet akordeon ini hanya salah satu cara ya.. Prinsipnya niat dan nyicil tadi itu. Ada juga ibu-ibu tetangga, beliau menggunakan prinsip yang sama, tapi melalui tabungan ibu-ibu waktu arisan bulanan. Sudah diniatkan. Kuat. Ga boleh diapa-apain. Misal ibu-ibu kalau mau jalan-jalan kan suka pakai uang tabungan tersebut ya, nah ibu ini engga. Pokoknya uang tabungannya buat qurban. Kalau ada kebutuhan lain, mending pakai cash dari sumber yang lain. <3

Begitulah, prinsipnya niat dan nyicil. In sya Allah, semoga dimudahkan. Aamiin.  

Baca Juga: Ngatur Duiiittt...

No comments:

Post a Comment