Follow Us @farahzu

Thursday, January 31, 2013

biar bisa masak




Hhmm semoga tulisan ini bisa jadi tips buat para gadis yang belum bisa masak. Aamiinn.. Hhe..

Pernah beberapa kali saya menulis tentang memasak, juga di tahun-tahun yang lalu, bahwa saya tidak bisa masak. Alasannya bukan karena tidak belajar. Saya belajar masak sejak baligh sampai sekarang. Tapi kenapa?

Alasannya, karena memasak bukanlah tentang resep semata, melainkan juga tentang rasa dan feeling. Begini maksudnya. Kalau saya bilang saya bisa bikin kue, tentu saja bisa, asalkan ada bahan, alat, dan resepnya. Tapi kalau memasak selain kue itu sulit, karena diperlukan juga yang namanya rasa, selera, feeling, maupun rasa percaya diri (nnah lho!)

Bagaimana saya bisa menilai masakan saya sudah enak atau belum kalau saya bahkan tidak bisa membedakan makanan enak dan tidak enak. Bagi saya selama tidak aneh, makanan itu enak. Saya tidak tau masakan saya kurang apa, perlu ditambah apa seberapa banyak, apalagi kalau harus pakai kira-kira untuk masukin bumbu sejumlah apa. Haduh pusing deh. Ini walaupun ya...; walaupun saya aktif bantuin mamah di dapur dari SD.

Mungkin itu juga karena, saya tuh paling ga pernah yang namanya nyari makanan; pengen makan a, b. Buat saya makan itu kebutuhan, kalau sudah tercukupi ya sudah, selesai perkara. *ini masih bicara dulu loh yaaa sebelum jadi Ny. Mohammad*

Dengan demikian, tentu saja tanpa ragu saya tulis di cv untuk taaruf, bahwa saya belum bisa masak. Padahal bisa; karena saya tau caranya memasak, tapi rasanya parah deh. Hahah.. Daripada bilang bisa tapi nanti kuciwa?

Ketika menikah, hanya karena rahmat Allah-lah lidah saya tiba-tiba aja gitu jadi peka rasa. Atas karunia Allah juga tiba-tiba saya jadi kepedean untuk memasak. Yah bagaimanalah masih ga pede, orang dapur sendiri; dan sendirian tentu saja. Dulu-dulu kan cuma asisten chef sejagad: ibunda. Hehe…

Alhamdulillaah, beberapa kali masak, suami bilang masakan saya enak. Tapi berhubung Nabi saw bilang boleh aja bohong untuk menyenangkan hati istri, saya tanyakanlah jujur-jujur sama suami, ‘enak’nya jujur apa buat nyenengin aja. Suami agak tertegun sebelum jawab, haha, lalu bilang, “Liat aja deh, aku makannya cepet dan nambah apa engga!” ternyata seringan nambah. Yeeaaay! Alhamdulillaah..

Nah, ini tips dari saya:
-       mulai dari sekarang, mulailah sering-sering turun ke dapur, ikut-ikut dan belajar masak!
-       tanamkan dalam hati sebelum mulai dan selama memasak, insya Allah jadi makanan enak! Harus PeDe! Percaya atau tidak, sepanjang pengalaman saya, kalau saya ragu-ragu, pasti jadinya ga enak.
-       kalau belum jago-jago banget masak, mending tulis aja di CV, belum bisa masak. Supaya nanti suami ga ngarep yang tinggi-tinggi sama masakan kita, malah bisa tiba-tiba kagum karena istri yang dikira ga bisa masak ternyata udah gape masak. Hehehehe… ini mah curhatan pribadi :D

Terakhir, kata uwak saya yang jago masak, masak itu pake ilmu Saka.  Sakainget. Masukin aja apa yang keingetan. Enak deh. Hehe.. atau Sakajadi. Ga usah ribet-ribet, yang penting ada bawang merah-bawang putih, cabe, garam. Sip jadi. Bumbu lain itu sekunder! Oiya, buat pemula, biar enak masakannya, bumbunya yang banyak ya biar sedep. Hehe, strategi boros.

Selamat belajar masak! \(^o^)9

1 comment: