Follow Us @farahzu

Tuesday, March 3, 2020

Percaya: Pegangan Hidup Manusia


Ada kan ya, orang yang tidak bisa mempercayai dirinya sendiri? Ada, banyak malah. Lalu bisa gak yah, orang yang tidak percaya pada dirinya sendiri, tapi malah percaya pada orang lain? Bisa saja, bisa banget bahkan. Justru karena dia melihat dirinya minus dan orang lain plus, jadi memang dia akan mencari. Tentu saja tidak percaya pada dirinya sendiri itu bukan hal yang positif ya. Karena seseorang, seburuk apapun, pasti memiliki kebaikan atau kelebihannya sendiri, tinggal bagaimana dia bisa melihat sisi positif dari dirinya.

Namun intinya, menusia selalu membutuhkan pegangannya, yaitu sesuatu atau seseorang yang dapat dia percayai. Maka itu, beruntunglah orang-orang yang percaya pada Tuhannya. Yang dipercayanya itu tidak akan pernah khianat, tidak akan pernah salah atau khilaf. Tidak pernah akan mengecewakan.

Lalu bagaimana kalau tidak ada satupun yang dipercaya dalam hidupnya, bahkan Tuhan? Kalau dirinya sendiri masih bisa dia percaya sih, mending. Meskipun sampai suatu saat, pastinya dia akan kesulitan sendiri. Karena yang namanya hidup kan, pasti ada tantangannya ya, bisa jadi malah lebih banyak susahnya daripada mudahnya. Bila ia hanya percaya pada dirinya sendiri, ketika terjatuh, dia akan merasa sakit sekali. Dia berdarah-darah sendiri, lelah sendiri, sedih sendiri, dan putus asa pun sendirian karena gagal setelah mengeluarkan usaha yang keras. Tentu saja usaha keras, karena dia hanya bisa mengandalkan dirinya sendiri kan?

Lalu bagaimana kalau sama sekali tidak ada yang dia percaya, pun dirinya sendiri? Wooooaaah gimana tuh? Bisa jadi usaha yang dia keluarkan untuk hidupnya memang tidak banyak alias terbatas. Ya untuk apa? Bagaimana dia bisa punya keinginan yang kuat kalau dia tidak pernah yakin bahkan pada dirinya sendiri? Siapa yang akan jadi tokoh utama dari mimpinya? Siapa yang akan mencapai keinginannya itu? Dan tentunya, siapa yang akan mengeluarkan effort untuk berproses dalam mewujudkan keinginannya tersebut? Tidak ada kan…

Maka sekali lagi, bersyukurlah wahai orang-orang yang beriman. Nikmat iman yang Allah berikan dalam hatimu, itu adalah nikmat sangat besaaaaaarrr yang Dia berikan untuk seorang hamba.
#30dwc #30dwcjilid22 #day17

No comments:

Post a Comment